THE STUDY OF ILLOCUTIONARY ACTS IN ADVENTURE OF WISTERIA LODGE AND ADVENTURE OF THE BRUCE-PARTINGTON PLANS SHORT STORIES

LAURA, YUDITA (2013) THE STUDY OF ILLOCUTIONARY ACTS IN ADVENTURE OF WISTERIA LODGE AND ADVENTURE OF THE BRUCE-PARTINGTON PLANS SHORT STORIES. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Skripsi Fulltext)
08082016 laura y.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (297kB)

Abstract

Dalam skripsi ini dibahas tipe – tipe tindak ilokusi yang ditemukan pada dua cerita pendek. Penulis menganalisis tindak ilokusi yang merupakan bagian dari tindak tutur dalam studi Pragmatik serta menganalisis bermacam ujaran yang timbul dalam dialog pemeran utama dan lawan bicaranya. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan tipe – tipe tindak ilokusi yang terdapat dalam dua cerita pendek dengan menggunakan teori Jhon Searle (1983). Data diperoleh dua cerita pendek yang berjudul Adventure of Wisteria Lodge dan Adventure of the Bruce-Partington Plans yang pertama kali diterbitkan pada tahun 1994. Penelitian yang dilakukan dalam pembuatan skripsi ini menggunakan metode Sudaryanto, yaitu pengumpulan data dengan metode simak bebas libat cakap dan teknik catat, kemudian analisis data dengan menggunakan metode padan pragmatik dan metode referensi, selanjutnya pada tahap penyajian hasil analisis menggunakan metode formal dan informal. Dari hasil analisis ditemukan 4 tipe tindak tutur ilokusi yaitu direktif sebanyak 12 kali (46,2%), representatif sebanyak 8 kali (30,7%), ekspresif sebanyak 5 kali (19,3%), dan komisif 1 kali (3,8%). Penulis menyimpulkan bahwa jumlah yang seringkali muncul adalah direktif dalam tindak ilokusi. Direktif merupakan jenis ujaran yang paling dominan karena Sherlock Holmes sebagai pemeran utama selalu memberikan pertanyaan, tawaran, permintaan, ajakan, serta nasehat terhadap klien dan sahabatnya dalam memecahkan masalah, sehingga direktif menjadi tipe ujaran dari tindak ilokusi yang paling sering muncul dalam dialog pemeran utama. Kemudian diikuti oleh representatif, expresif, dan komisif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Inggris
Depositing User: ms Meiriza Paramita
Date Deposited: 08 Aug 2016 10:04
Last Modified: 08 Aug 2016 10:04
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/14515

Actions (login required)

View Item View Item