MEMPERBAIKI TEGANGAN DAN MENGURANGI RUGI – RUGI DAYA PADA SISTEM TRANSMISI DENGAN CARA OPTIMASI PENEMPATAN KAPASITOR DENGAN MENGGUNAKAN ALGORITMA GENETIKA

PUTRI, NIDIA (2015) MEMPERBAIKI TEGANGAN DAN MENGURANGI RUGI – RUGI DAYA PADA SISTEM TRANSMISI DENGAN CARA OPTIMASI PENEMPATAN KAPASITOR DENGAN MENGGUNAKAN ALGORITMA GENETIKA. Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img] Text (Tugas Akhir)
201507311033st_putri nidia - 1110951003.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Suatu sistem tenaga listrik dikatakan memiliki tingkat keandalan yang tinggi apabila sistem tersebut mampu menyediakan pasokan energi listrik yang dibutuhkan oleh konsumen secara kontinyu. Rugi – rugi daya yang terjadi pada saluran mengakibatkan turunnya tegangan pada saluran dan menyebabkan kerugian materi karena semakin berkurangnya kekuatan sistem dalam menyalurkan listrik ke konsumen. Untuk mengurangi terjadinya rugi – rugi daya pada saluran dilakukan pemasangan kapasitor. Pemasangan kapasitor tentunya memperhatikan saluran yang menggunakannya, penempatan yang dilakukan serta ukurannya, agar penempatan kapasitor yang dilakukan bisa optimal dalam mengurangi rugi – rugi yang terjadi. Metode optimasi yang yang cukup efektif adalah algoritma genetika. Pada metode ini, penempatan kapasitor dilakukan dengan mengarah pada pemilihan kromosom yang diperoleh. Hasilnya akan diperoleh kromosom terbaik dari sebuah populasi yang ada yang berisi kondisi optimum penempatan kapasitor yang dapat memperkecil rugi – rugi daya yang terjadi pada saluran sekaligus meminimalisir banyaknya penggunaan kapasitor. Perbandingan yang bisa dilakukan dengan menggunakan aliran daya Newton- Raphson antara sebelum dan sesudah penempatan kapasitor. Pada sistem Sumbar dilakukan pemasangan kapasitor pada delapan bus yaitu pada bus 1 sebesar 220 Mvar, bus 3 sebesar 270 Mvar, bus 5 sebesar 360 Mvar, bus 7 sebesar 20 Mvar, bus 8 sebesar 290 Mvar, bus 16 sebesar 290 Mvar, bus 17 sebesar 350 Mvar, dan bus 20 sebesar 230 Mvar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Elektro
Depositing User: Ms Dian Budiarti
Date Deposited: 06 Aug 2016 07:40
Last Modified: 06 Aug 2016 07:40
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/14342

Actions (login required)

View Item View Item