PENGARUH PREMI, INVESTASI, KLAIM, UNDERWRITING DAN RISK BASED CAPITAL (RBC) TERHADAP LABA PERUSAHAAN ASURANSI JIWA (Studi pada Perusahaan Asuransi Jiwa yang Tergabung Dalam Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI))

MELLYA, ANAS PUTRI (2014) PENGARUH PREMI, INVESTASI, KLAIM, UNDERWRITING DAN RISK BASED CAPITAL (RBC) TERHADAP LABA PERUSAHAAN ASURANSI JIWA (Studi pada Perusahaan Asuransi Jiwa yang Tergabung Dalam Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI)). Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img] Text (Skripsi Full Text)
201411191229th_merged3.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (845kB)

Abstract

Penelitian mengenai laba asuransi yang dilakukan oleh Fikri (2009) menyimpulkan bahwa premi dan klaim berpengaruh negatif terhadap laba perusahaan asuransi, sedangkan investasi dan underwriting memiliki nilai yang positif terhadap laba perusahaan asuransi. Penelitian lainnya yang dilakukan oleh Natalia (2013) mengatakan bahwa variabel RBC berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap laba pada perusahaan asuransi. Selanjutnya, penelitian yang dilakukan oleh Dhaniati (2011) mengatakan bahwa RBC, investasi, dan premi berpengaruh positif terhadap laba perusahaan asuransi, sedangkan underwriting tidak berpengaruh terhadap laba, serta klaim berpengaruh negatif terhadap laba perusahaan asuransi. Dalam penelitian ini penulis menggunakan laporan keuangan untuk mengetahui pengaruh premi, investasi, klaim, undewriting dan RBC terhadap laba asuransi

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Mr Dian Niko Putra
Date Deposited: 06 Aug 2016 07:09
Last Modified: 06 Aug 2016 07:09
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/14307

Actions (login required)

View Item View Item