PENGARUH SENAM KAKI DIABETES TERHADAP SKOR NEUROPATI DIABETIK DI KAKI PADA PASIEN DIABETES MELITUS TIPE 2 DI POLIKLINIK PENYAKIT DALAM RSUD PASAMAN BARAT

RIKO, SATRIADI (2013) PENGARUH SENAM KAKI DIABETES TERHADAP SKOR NEUROPATI DIABETIK DI KAKI PADA PASIEN DIABETES MELITUS TIPE 2 DI POLIKLINIK PENYAKIT DALAM RSUD PASAMAN BARAT. Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img] Text (SKRIPSI)
CRV0077.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Diabetes Melitus (DM) merupakan kelompok penyakit yang ditandai dengan hiperglikemia kronik. Hiperglikemia jangka panjang dapat menyebabkan komplikasi makrovaskuler dan mikrovaskuler. Salah satu komplikasi mikrovaskuler yaitu neuropati di kaki. Upaya yang dapat dilakukan untuk mencegah komplikasi ini diantaranya dengan melakukan senam kaki diabetes. Tujuan penelitian adalah mengetahui pengaruh senam kaki diabetes terhadap skor neuropati diabetik di kaki pada pasien diabetes melitus tipe 2 di Poliklinik Penyakit Dalam RSUD Pasaman Barat. Penelitian ini dilaksanakan selama 6 minggu dengan desain penelitian Quasi Eksperiment dengan pendekatan Pretest- Posttest Control Group Design. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 20 responden, dibagi dalam dua kelompok yaitu 10 responden yang melakukan latihan senam kaki diabetes (eksperimen) dan 10 responden tidak melakukan senam kaki diabetes (kontrol). Pengukuran neuropati dilakukan dengan menggunakan skor DNE (Diabetic Neuropathy Examination). Uji statistik yang digunakan adalah uji t berpasangan dan uji Mann-Whitney. Hasil penelitian pada kelompok eksperimen terjadi penurunan bermakna neuropati p=0,000. Sedangkan pada kelompok kontrol tidak ada penurunan bermakna neuropati p=0,168. Berdasarkan uji statistik Mann-Whitney menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan penurunan neuropati antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol p=0,000. Kesimpulan melakukan latihan senam kaki diabetes dapat mengurangi terjadinya neuropati di kaki. Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan bagi pasien diabetes melitus tipe 2 dengan neuropati untuk melaksanakan senam kaki diabetes 3 kali seminggu selama 6 minggu sebagai perawatan dalam upaya mencegah keluhan neuropati di kaki. Kata kunci: senam kaki diabetes, neuropati, skor DNE, pasien DM tipe 2 Daftar Pustaka : 34 (1993-2013)

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Yth Vebi Dwi Putra
Date Deposited: 06 Aug 2016 02:25
Last Modified: 06 Aug 2016 02:25
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/14228

Actions (login required)

View Item View Item