PERBANDINGAN RESPONS STRUKTUR ATAS JEMBATAN CABLE STAYED TIPE RADIAL PADA TUMPUAN vDI ATAS TANAH LUNAK DAN TANAH KERAS AKIBAT BEBAN GEMPA (STUDI KASUS JEMBATAN BARELANG)

JEFVI, WIKAS SAPUTRA (2015) PERBANDINGAN RESPONS STRUKTUR ATAS JEMBATAN CABLE STAYED TIPE RADIAL PADA TUMPUAN vDI ATAS TANAH LUNAK DAN TANAH KERAS AKIBAT BEBAN GEMPA (STUDI KASUS JEMBATAN BARELANG). Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img] Text (Tugas Akhir)
201507280952th_tugas akhir jefvi wikas saputra 1010922060.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (995kB)

Abstract

Sebagai negara kepulauan, Indonesia tidak lepas dari kebutuhan sarana penghubung antar pulau-pulau, salah satunya adalah jembatan, jembatan Barelang merupakan jembatan tipe cable stayed yang menghubungkan pulau Batam-Tonton dengan bentang 642 meter. Karena jembatan yang menghubungkan pulau, maka kondisi tanah pada tumpuan jembatan tersebut pasti berbeda, ada tumpuan jembatan yang terletak pada tanah keras, dan adapula tumpuan jembatan yang terletak pada tanah lunak, tujuan analisis ini adalah membandingkan perpindahan dan gaya dalam yang terjadi pada jembatan yang memiliki tumpuan pada tanah lunak dan tanah keras pada jembatan cable stayed Barelang dengan tipe radial. Zona wilayah gempa yang digunakan adalah wilayah Batam. Beban gempa yang di inputkan berupa riwayat waktu (time history) pada arah sumbu x. Hasil analisis menunjukan bahwa nilai perpindahan dan gaya dalam baik itu momen, geser, dan axial pada struktur jembatan yang mengalami beban gempa rencana pada tumpuan di atas tanah lunak cenderung lebih besar dibandingkan struktur jembatan yang mengalami beban gempa rencana pada tumpuan di atas tanah keras. Kata-KataKunci: Jembatan cable stayed, gempa rencana, tipe radial, tanah lunak, tanah keras

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Sipil
Depositing User: Mr Roni Purnama
Date Deposited: 05 Aug 2016 08:28
Last Modified: 05 Aug 2016 08:28
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/14206

Actions (login required)

View Item View Item