ANALISA PERBANDINGAN PENDAPATAN DAN KEUNTUNGAN USAHATANI PADI SEBELUM DAN SESUDAH ADANYA PTS BLBU (Studi Kasus Pada Kelompok Tani Mekar Jaya di Kelurahan Sungai Sapih Kecamatan Kuranji)

CHINTYA, DEWANTI (2013) ANALISA PERBANDINGAN PENDAPATAN DAN KEUNTUNGAN USAHATANI PADI SEBELUM DAN SESUDAH ADANYA PTS BLBU (Studi Kasus Pada Kelompok Tani Mekar Jaya di Kelurahan Sungai Sapih Kecamatan Kuranji). Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img] Text (SKRIPSI FULLTEXT)
CRV0071.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (445kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan di Kelompok Tani Mekar Jaya Kelurahan Sungai Sapih Kecamatan Kuranji yang dilaksanakan pada bulan Maret sampai April 2013. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis kultur teknis padi sebelum dan sesudah PTS BLBU pada kelompok tani Mekar Jaya dan menganalisis perbandingan pendapatan dan keuntungan usahatani padi sebelum dan sesudah PTS BLBU pada Kelompok Tani Mekar Jaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode studi kasus (case study). Data yang dikumpulkan terdiri dari data primer dan data sekunder yang dianalisa secara deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat beberapa perbedaan kegiatan kultur teknis yang dilakukan kelompok tani Mekar Jaya antara usahatani sebelum dan sesudah PTS BLBU dan pada usahatani sesudah PTS BLBU kegiatan kultur teknis yang dilaksanakan oleh petani belum sepenuhnya sesuai dengan anjuran Dinas Pertanian. Dari segi pendapatan terlihat bahwa adanya perbedaan yang nyata terhadap pendapatan antara usahatani sebelum PTS BLBU dan sesudah PTS BLBU. Dimana rata-rata pendapatan per hektar pada usahatani sesudah PTS BLBU yaitu Rp.12.480.419,- lebih besar dari pada usahatani sebelum PTS BLBU Rp.6.509.195,- dan dari segi keuntungan juga terlihat bahwa adanya perbedaan yang nyata antara usahatani sebelum PTS BLBU dengan usahatani sesudah PTS BLBU yaitu rata-rata keuntungan pada usahatani sesudah PTS BLBU Rp.9.158.271,- lebih besar dibandingkan keuntungan pada usahatani sebelum PTS BLBU sebesar Rp.4.251.373,-. Ini artinya usahatani sesudah PTS BLBU lebih menguntungkan. Selain itu, hasil uji t juga membuktikan bahwa adanya perbedaan pendapatan dan keuntungan usahatani sebelum dan sesudah adanya PTS BLBU. Kelompok Tani Mekar Jaya disarankan agar terus menerapkan metoda PTS dan menggunakan benih unggul bersertifikat meskipun tidak dibantu lagi oleh pemerintah serta melaksanakan usahatani PTS dengan baik sesuai dengan anjuran dinas agar mendapatkan hasil yang lebih baik lagi. Dan juga pada pemerintah dan pihak terkait agar terus melakukan penyuluhan metode PTS sehingga petani nantinya akan melaksanakan metode PTS sesuai dengan anjuran Dinas Pertanian.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Yth Vebi Dwi Putra
Date Deposited: 04 Aug 2016 10:39
Last Modified: 04 Aug 2016 10:39
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/14169

Actions (login required)

View Item View Item