STUDI PERBAIKAN KUALITAS TEGANGAN DAN FAKTOR DAYA DENGAN PEMASANGAN KAPASITOR BANK PADA PENYULANG UNIVERSITAS ANDALAS DAN PENYULANG KURANJI

WIDYA, RAHAYU UTOMO (2015) STUDI PERBAIKAN KUALITAS TEGANGAN DAN FAKTOR DAYA DENGAN PEMASANGAN KAPASITOR BANK PADA PENYULANG UNIVERSITAS ANDALAS DAN PENYULANG KURANJI. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (SKRIPSI FULLTEXT)
201507291457th_widyarahayuutomo1110952002.compressed.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (811kB)

Abstract

Suatu sistem tenaga listrik yang baik harus memiliki jatuh tegangan yang tidak melebihi batas toleransi yang diizinkan yaitu 5% dari tegangan nominalnya. Nilai tegangan yang baik pada suatu sistem akan mengoptimalkan unjuk kerja dari peralatan yang digunakan konsumen. Sistem tenaga juga harus memiliki nilai faktor daya sebaik mungkin. Nilai faktor daya berperan terhadap rugi rugi daya pada sistem, jadi semakin baik nilai faktor daya maka rugi rugi daya akan ikut mengalami penurunan sehingga pasokan listrik dapat tetap terjaga sesuai dengan kebutuhan konsumen. Dalam Tugas Akhir ini, perbaikan kualitas tegangan dan faktor daya dilakukan dengan penempatan kapasitor bank pada sistem dengan dua buah penyulang yang disimulasikan dalam perangkat lunak ETAP 12.6. Rating kapasitor akan tentukan dengan dua metode yaitu dengan perhitungan secara manual dan dengan simulasi Optimal Capacitor Placement pada ETAP 12.6. Variasi percobaan dilakukan dengan du acara yaitu yang pertama kapasito ditempatkan pada hanya pada salah satu penyulang secara bergantian dan yang kedua kapasitor diletakkan pada kedua penyulang secara bersamaan lalu disimulasikan dengan perangkat lunak ETAP 12.6. Dari simulasi akan diperoleh keluaran berupa persentasi jatuh tegangan, faktor daya dan rugi rugi daya pada sistem secara keseluruhan maupun pada masing masing penyulang dari setiap variasi percobaan dengan kedua metode. Hingga akhirnya diperoleh metode yang paling optimal untuk penentuan rating dan letak kapasitor bank pada sistem. Hasilnya, Penempatan kapasitor bank dengan optimal capacitor placement pada kedua penyulang merupakan metode yang paling optimal untuk memperbaiki kualitas tegangan dan faktor daya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Elektro
Depositing User: ms Meiriza Paramita
Date Deposited: 03 Aug 2016 09:54
Last Modified: 03 Aug 2016 09:54
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/14063

Actions (login required)

View Item View Item