ANALISA EFEK PANAS YANG DITIMBULKAN OLEH AKTIFITAS PD MENGGUNAKAN ELEKTRODA JARUM – PLAT DENGAN VARIASI JARAK SELA UDARA

JEFRISMAN, JEFRISMAN (2014) ANALISA EFEK PANAS YANG DITIMBULKAN OLEH AKTIFITAS PD MENGGUNAKAN ELEKTRODA JARUM – PLAT DENGAN VARIASI JARAK SELA UDARA. Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img] Text (Skripsi Full Text)
201411061425th_tugas_akhir_jefrisman.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (860kB)

Abstract

Fenomena timbulnya efek panas yang disebabkan oleh PD dapat menyebabkan terjadinya kenaikan suhu pada isolasi polimer, ketika suhu semakin tinggi, rongga udara pada isolasi akan membesar, jika kenaikan suhu terus dibiarkan maka akan terjadi breakdown atau kegagalan isolasi. Representasi Void yang diuji menggunakan elektroda jarum bidang datar dengan sela udara 0.1 dan 0,3 mm didapatkan hasil bahwa, jarak sela udara mempengaruhi jumlah PD yang muncul dan efek panas yang terjadi pada isolasi Low Density Poliethylene (LDPE). Variasi nilai tegangan yaitu 8 kVpp, dan 10 kVpp akan berdampak pada nilai muatan dan jumlah muatan PD. Semakin besar tegangan yang diberikan maka akan semakin besar nilai muatan, semakin banyak jumlah PD, dan akan menyebabkan kenaikan suhu badan bahan isolasi akan meningkat juga, variasi jarak sela udara 0,1 dan 0,3 mm juga mempengaruhi jumlah PD yang muncul dan peningkatan suhu pada bahan isolasi tersebut.jarak sela udara sangat berpengaruh pada jumlah PD, kenaikan suhu, dan waktu tembus yang terjadi pada bahan isolasi Kata Kunci : Partial Discharge (PD), Low-Density Polyethylene (LDPE), Variasi Tegangan, Variasi jarak sela udara, Efek panas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Elektro
Depositing User: Mr Dian Niko Putra
Date Deposited: 03 Aug 2016 09:37
Last Modified: 03 Aug 2016 09:37
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/14040

Actions (login required)

View Item View Item