SISTEM INFORMASI PELAYANAN TERA ALAT UKUR TAKAR TIMBANG DAN PERLENGKAPAN BERBASIS WEB DENGAN FITUR MOBILE DI UPTD BALAI METROLOGI DINAS PERINDUSTRIAN DAN PERDAGANGAN PROVINSI SUMATERA BARAT

NOVYA, ARDIESA (2015) SISTEM INFORMASI PELAYANAN TERA ALAT UKUR TAKAR TIMBANG DAN PERLENGKAPAN BERBASIS WEB DENGAN FITUR MOBILE DI UPTD BALAI METROLOGI DINAS PERINDUSTRIAN DAN PERDAGANGAN PROVINSI SUMATERA BARAT. Diploma thesis, Univeristas Andalas.

[img] Text (Tugas Akhir Fulltext)
201505051607th_novya ardiesa - 1010963010.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

UPTD Balai Metrologi merupakan salah satu unit pelayanan teknis daerah yang memiliki tugas pokok yaitu melakukan pengelolaan dasar standar ukuran dan melakukan tera alat-alat ukur takar, timbang, dan perlengkapannya (UTTP). Proses peneraan terjadi pada setiap hari secara bersamaan dengan pelanggan dan petugas tera yang berbeda, sehingga pelaporan data sangat padat setiap harinya. Penyimpanan data perusahaan masih dilakukan dengan Microsoft Excel yang mengakibatkan sering terjadi redudansi dan duplikasi data. Oleh karena itu, dibangun sebuah sistem informasi pelayanan tera yang dapat diakses secara online dan mudah penggunaannya. Sistem ini dibangun dengan menggunakan metode waterfall dan memiliki fitur mobile. Pada tahap awal pembangunan penulis melakukan studi literatur tentang proses bisnis perusahaan, kemudian menganalisis kebutuhan dari perusahaan tersebut, menggunakan use case diagram untuk pemisahan jobdesk actor, rancangan database dengan ER-diagram, statechart diagram, dan user interface. Tahap berikutnya yaitu perancangan sistem dengan menggunakan bahasa pemograman PHP untuk mengakses server serta phoneGap untuk menghasilkan aplikasi mobile. Pengujian dilakukan dengan metode blackbox testing. Hasil pengujian menunjukkan keluaran yang sama dengan yang diharapkan. Kata kunci : Sistem Informasi, Pelayanan Tera, UPTD Balai Metrologi, Mobile, Web, Waterfall, PostgreSQL, PHP, PhoneGap, Black box Testing.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources
Divisions: Fakultas Teknologi Informasi > Sistem Informasi
Depositing User: Mr Meivrizon Veri
Date Deposited: 14 Aug 2016 09:21
Last Modified: 14 Aug 2016 09:21
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/14020

Actions (login required)

View Item View Item