MEKANISME PEMBAYARAN (LS) DALAM PELAKSANAAN ANGGARAN BELANJA PEGAWAI ( GAJI DAN TUNJANGAN ) PADA DINAS TENAGA KERJA DAN TRANSMIGRASI PROPINSI SUMATERA BARAT

FITRI, JUNIATI (2013) MEKANISME PEMBAYARAN (LS) DALAM PELAKSANAAN ANGGARAN BELANJA PEGAWAI ( GAJI DAN TUNJANGAN ) PADA DINAS TENAGA KERJA DAN TRANSMIGRASI PROPINSI SUMATERA BARAT. Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img] Text (TUGAS AKHIR FULLTEXT)
CRV0033.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (221kB)

Abstract

Ruang lingkup reformasi meliput perubahan struktur anggaran dan proses penganggaran. Perubahan ini dimaksudkan untuk menciptakan transparansi dan akuntabilitas publik. Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah dalam otonomi daerah disusun dengan pendekatan kinerja yang mengutamakan upaya pencapaian hasil atau output dari perencanaan alokasi biaya atau output yang ditetapkan. Perubahan tersebut berpegang pada prinsip manajemen keuangan daerah yaitu akuntabilitas, value for money, kejujuran, transparansi dan pengendalian. Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah ( APBD ) merupakan ruang lingkup keuangan daerah yang dikelola langsung berupa rencana yang diperkirakan untuk satu periode tertentu, beserta usulan, cara2 cara memenuhi penerimaan dan pengeluaran tersebut. APBD merupakan inti keuangan yang berisikan informasi yang dihasilkan oleh Pemerintah Daerah, karena itu kedudukan APBD dalam keuangan Pemerintah cukup tinggi. pelaksanaan anggaran merupakan tahap kedua dari siklus APBD. Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 13 Tahun 2006 merupakan pedoman yang digunakan dalam penyusunan, pelaksanaan dan pertanggungjawaban APBD oleh Pemerintah Daerah Propinsi maupun Kabupaten/Kota. Anggaran merupakan ruang lingkup keuangan daerah yang dikelola langsung oleh SKPD masing-masing yang berupa rencana yang akan diwujudkan dalam bentuk finansial yang meliputi penerimaan dan pengeluaran yang diperkirakan untuk satu periode tertentu beserta bagaimana cara untuk memenuhi penerimaan dan pengeluaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi > D3 Keuangam
Depositing User: Yth Vebi Dwi Putra
Date Deposited: 02 Aug 2016 10:12
Last Modified: 02 Aug 2016 10:12
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/13950

Actions (login required)

View Item View Item