ANALISIS PERBANDINGAN PERILAKU STRUKTUR JEMBATAN CABLE STAYED TIPE FAN DAN TIPE RADIAL AKIBAT BEBAN GEMPA RENCANA (STUDI KASUS JEMBATAN BARELANG)

NAVISKO, YOSEN (2015) ANALISIS PERBANDINGAN PERILAKU STRUKTUR JEMBATAN CABLE STAYED TIPE FAN DAN TIPE RADIAL AKIBAT BEBAN GEMPA RENCANA (STUDI KASUS JEMBATAN BARELANG). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Skripsi Fulltext)
201507280931th_tugas akhir navisko yosen 1010922018.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (780kB)

Abstract

Sebagai Negara kepulauan, Indonesia tidak lepas dari kebutuhan sarana penghubung antar pulau - pulau, salah satunya adalah jembatan. Jembatan Barelang merupakan jembatan tipe cable stayed yang menghubungkan Pulau Batam – Tonton dengan bentang 642 meter. Jembatan cable stayed merupakan suatu sistem struktur statis tidak tentu berderajat tinggi, dimana gaya – gaya dalam yang bekerja dipengaruhi bersama oleh kekakuan komponen penunjang utama jembatan yaitu sistem – sistem lantai kendaraan (deck, gelagar memanjang, gelagar melintang) serta kabel kabel mutu tinggi dan pylon utamanya. Ada tiga jenis pola penyusunan kabel yang sering digunakan pada jembatan cable stayed yaitu : tipe fan, tipe harp, dan tipe radial.. Pada kasus ini dibandingkan tipe fan yang membentuk pola penyusunan kabel yang menyebar dan tipe radial yang penyusunan kabelnya bertumpu di satu titik pada pylon bagian atas. Permodelan pola susunan kabel tipe fan dan tipe radial dalam memikul berat sendiri dan beban gempa dilakukan dengan bantuan software analisa struktur SAP 2000 untuk menghitung displacement dan gaya dalam yang terjadi di titik pylon dan gelagar jembatan. Beban gempa berdasarkan SNI 1726-2012. Proses analisis menggunakan model jembatan Barelang. Zona wilayah gempa yang digunakan adalah wilayah Batam lokasi jembatan tersebut berada dengan jenis tanah lunak. Beban gempa yang diinputkan berupa riwayat waktu (time history). Hasil analisis menunjukkan bahwa nilai perpindahan dan gaya dalam pada gelagar jembatan tipe fan relatif lebih besar dibandingkan dengan gelagar jembatan tipe radial.Sedangkan nilai perpindahan dan gaya dalam pada pylon jembatan tipe fan relatif lebih kecil dibandingkan dengan pylon jembatan tipe radial. Kata-KataKunci: Jembatan Cable Stayed, Gempa Rencana, SNI 1726- 2012, Tipe Fan, Tipe Radial, Displacement, Gaya Dalam

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Sipil
Depositing User: ms Meiriza Paramita
Date Deposited: 02 Aug 2016 10:08
Last Modified: 02 Aug 2016 10:08
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/13947

Actions (login required)

View Item View Item