Pelaksanaan Perjanjian Kredit Pemilikan Rumah (KPR) Dengan Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) Pada PT. Bank Negara Indonesia(Persero) Tbk, Sentra Kredit Konsumen Pekanbaru

MONALISA, MONALISA (2013) Pelaksanaan Perjanjian Kredit Pemilikan Rumah (KPR) Dengan Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) Pada PT. Bank Negara Indonesia(Persero) Tbk, Sentra Kredit Konsumen Pekanbaru. Masters thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img] Text (Skripsi Full Text)
201411051418th_monalisa - pdf.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (621kB)

Abstract

Rumah adalah kebutuhan primer bagi sebagian besar keluarga, baik yang tinggal di pedesaan maupun di perkotaan. Pemenuhan rumah sebagai kebutuhan primer tersebut, tidak dapat dipenuhi oleh semua orang dengan cara membeli secara tunai. Oleh karena itu, diperlukan suatu lembaga keuangan seperti perbankan untuk memberikan bantuan dana dalam bentuk penyaluran kredit terutama dalam Kredit Pemilikan Rumah (KPR). Salah satu upaya pemerintah dalam meningkatkan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat yaitu dengan mengadakan program subsidi pemberian kredit rumah murah melalui Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan ( FLPP) bagi masyarakat menengah kebawah. Adanya program subsidi pemberian kredit pemilikan rumah murah oleh pemerintah bagi masyarakat berpenghasilan rendah melalui Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan ( FLPP) menyebabkan banyaknya pihak – pihak yang tidak berkompeten terhadap subsidi tersebut mencoba melakukan berbagai cara agar dapat menikmati Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan ( FLPP) tersebut. Metode pendekatan dalam penulisan tesis ini adalah yuridis sosiologis, yaitu penulis berusaha melakukan pendekatan dengan masalah yang diteliti sesuai dengan sifat hukum riil berlaku di masyarakat, sedangkan teknik pengambilan samplenya adalah purposive sampling yang didasarkan pada tujuan tertentu. Pada prinsipnya pelaksanaan kredit pemilikan rumah dengan Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan ( FLPP) pada PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk Sentra Kredit Konsumer Pekanbaru sudah sesuai dengan aturan yang berlaku. Namun masih banyak pihak – pihak yang mencoba melakukan kecurangan – kecurangan dalam proses pengajuan kredit pemilikan rumah dengan fasilitas likuiditas pembiayaan perumahan tersebut. Adapun bentuk penyelesaian yang dilakukan apabila terjadi pelanggaran terhadap syarat sah perjanjian dalam kredit pemilikan rumah dengan fasilitas likuiditas pembiayaan perumahan ini yaitu dilakukannya pengakhiran perjanjian kredit dengan fasilitas likuiditas pembiayaan perumahan tersebut, dimana pihak debitur harus melunasi kredit yang telah dijalankan tersebut.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: Mr Dian Niko Putra
Date Deposited: 02 Aug 2016 09:08
Last Modified: 02 Aug 2016 09:08
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/13921

Actions (login required)

View Item View Item