Putri, Komala Jendi (2015) Aktifitas Pelayanan Jasa Kesehatan Pada Semen Padang Hospital. Diploma thesis, UPT. Perpustakaan.
Text
201512171235th_ta puti.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (357kB) |
Abstract
Pada era globalisasi saat ini pelayanan kesehatan merupakan hal yang penting bagi semua makhluk hidup terutama manusia. Mewujudkan keadaan sehat adalah kehendak semua pihak. Tidak hanya individu, tetapi juga keluarga, kelompok, bahkan masyarakat. Kedudukan pelayanan jasa kesehatan dalam masyarakat tergolong penting, karna jika pelayanan yang ditawarkan sesuai dengan keinginan maka produk atau jasa yang ditawarkan akan dibeli oleh masyarakat. Sedangkan jika terjadi pelayanan yang tidak sesuai dengan keinginan maka dapat di pastikan produk atau jasa tersebut kurang diminati oleh masyarakat. Pelayanan kesehatan sangat dibutuhkan oleh masyarakat, terutama rumah sakit. Karena rumah sakit mempunyai peranan penting dalam menciptakan dan mewujudkan masyarakat yang sehat, baik jasmani maupun rohani. Rumah sakit sebagai salah satu bentuk fasilitas pelayanan kesehatan harus memberikan pelayanan yang baik dan berkualitas. Sebuah rumah sakit didirikan dan dijalankan dengan tujuan untuk memberikan pelayanan kesehatan dalam bentuk perawatan, pemeriksaan, pengobatan, tindakan medis atau non medis, dan tindakan diagnosis lainnya yang dibutuhkan oleh masing - masing pasien. Tingginya kebutuhan hidup terhadap pelayanan jasa dibidang kesehatan yang di inginkan oleh masyarakat padang, maka banyak rumah sakit yang berlomba - lomba untuk meningkatkan pelayanan jasa kepada pasiennya. Jumlah rumah sakit yang ada di kota padang saat ini masih belum sebanding dengan jumlah pasien yang ada di kota padang. Ini dibuktikan karna masih banyaknya pasien yang ingin berobat diluar kota maupun diluar negeri. Pelayanan kesehatan yang diberikan oleh rumah sakit yang ada di kota padang seharusnya dapat menyeimbangi jumlah pasien, agar tercapainya kenyamanan dalam melayani pasien. Aktifitas pelayanan rumah sakit di kota padang saat ini masih tergolong rendah. Contohnya beberapa rumah sakit yang dikelola oleh pemerintah mengabaikan pelayanan, terkadang pasien harus menunggu daftar antrian tunggu yang yang cukup lama, sehingga banyak pasien yang mengeluh pada pelayanannya. Seharusnya rumah sakit dapat memberikan pelayanan kesehatan yang bermutu sehingga pasien puas dengan pelayanan tersebut. Rumah sakit semen padang hospital merupakan sebuah lembaga bisnis yang bergerak di bidang jasa pelayanan kesehatan. Rumah sakit swasta ini mencoba untuk memberikan pelayanan jasanya kepada masyarakat kota Padang dan sekitarnya. Semen padang hospital juga menyediakan fasilitas layanan yang meliputi, UGD, laboratorium, radiologi, MCU, farmasi, kamar bersalin, rawat jalan dan rawat inap. Ini membuktikan bahwa pada tahun 2012 Rumah Sakit Semen Padang sudah lulus penuh 3 tahun akreditasi nasional dengan lima bidang pelayanan kepada pasien. Dengan semakin baiknya perkembangan Rumah Sakit Semen Padang Hospital tersebut maka penulis tertarik untuk melihat pelayanan yang di berikannya kepada konsumen, apakah sudah sesuai dengan predikat yang didapatnya dan motto yang tertera yaitu “we serve beyond expectation” kami memberikan pelayanan melebihi harapan pelanggan. Berdasarkan argumentasi tersebut, penulis tertarik untuk melakukan magang di perusahaan tersebut selama dua bulan lebih untuk melihat secara langsung dan mengambil judul “Aktifitas Pelayanan Jasa Kesehatan Pada Semen Padang Hospital”.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications H Social Sciences > HF Commerce R Medicine > RT Nursing |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > D3 Pemasaran |
Depositing User: | Ms Randa Erdianti |
Date Deposited: | 11 Feb 2016 03:55 |
Last Modified: | 11 Feb 2016 03:55 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/1385 |
Actions (login required)
View Item |