Peran Kelompok Tani Padi Rimbun dalam Mendukung Kegiatan Pertanian Organik di Kelurahan Korong Gadang Kecamatan Kuranji Kota Padang

AGUS, RAMA AKBAR (2013) Peran Kelompok Tani Padi Rimbun dalam Mendukung Kegiatan Pertanian Organik di Kelurahan Korong Gadang Kecamatan Kuranji Kota Padang. Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img] Text (SKRIPSI FULLTEXT)
creativebicd6.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (458kB)

Abstract

Peran utama kelompok tani adalah sebagai sumber sarana belajar dalam meningkatkan pengetahuan dan penguasaan teknologi guna meningkatkan hasil produksi pertanian organik melalui kerja sama dengan pemerintah dan swasta dibidang permodalan dan pemasaran hasil pertanian. Penelitian ini bertujuan 1) mendeskripsikan profil Kelompok Tani Padi Rimbun di Korong Gadang Kecamatan Kuranji Kota Padang, dan 2) mendeskripsikan peran Kelompok Tani ini dalam mendukung kegiatan pertanian organik. Waktu pelaksanaan pengumpulan data lapangan dilakukan selama satu bulan, mulai dari Juni sampai Juli 2013 dengan menggunakan metode penelitian studi kasus (case study). Data primer dikumpulkan dengan cara wawancara semi terstruktur dengan informasi kunci dan wawancara terstruktur melalui kuesioner dengan anggota kelompok tani. Sedangkan data sekunder diperoleh dari organisasi Kelompok Tani Padi Rimbun dan kantor kelurahan Korong Gadang. Hasil yang diperoleh dari studi ini adalah profil kelompok tani Padi rimbun dapat dikatakan baik, karena sudah mempunyai visi dan misi, dan AD/ART. Sementara peran kelompok tani yang nyata antara lain adalah penyediaan sarana belajar bagi anggota, peningkatan produsi dan kerja sama yang sudah berjalan sesuai dengan harapan. Dari hasil penelitian tidak ditemukan masalah yang berarti, hanya saja perlu meningkatkan kerjasama dengan pihak ketiga dalam memperoleh modal, peningkatan peguasaan teknologi dan pemasaran hasil, guna meningkatkan kesejahteraan anggota kelompok.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Yth Vebi Dwi Putra
Date Deposited: 01 Aug 2016 09:41
Last Modified: 01 Aug 2016 09:41
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/13795

Actions (login required)

View Item View Item