HUBUNGAN ANTARA Mean Arterial Pressure (MAP) DENGAN KADAR ENZIM HATI DAN TROMBOSIT PADA PREEKLAMSIA DI RSUP DR.M. DJAMIL PADANG

SUCITRA, IMANDA PUTRI (2015) HUBUNGAN ANTARA Mean Arterial Pressure (MAP) DENGAN KADAR ENZIM HATI DAN TROMBOSIT PADA PREEKLAMSIA DI RSUP DR.M. DJAMIL PADANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img] Text (Skripsi Fulltext)
201503110903th_skripsi sucitra.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Mean Arterial Pressure (MAP) merupakan prediktor yang baik untuk menentukan beratnya preeklamsia dibanding tekanan darah sistolik maupun diastolik. Teori disfungsi endotel pada preeklamsia dapat menjelaskan terjadinya hipertensi yang akan mengurangi aliran darah ke hati sehingga terjadi kerusakan sel-sel hati dan hemolisis mikroangiopatik yang ditandai dengan peningkatan kadar enzim hati seperti Serum Glutamic Oxaloacetic Transaminase (SGOT), Serum Glutamic Pyruvic Transaminase (SGPT), dan Lactate Dehydrogenase (LDH). Selain itu, disfungsi endotel juga menyebabkan aktivasi dan aggregasi trombosit sehingga mengakibatkan penurunan jumlah trombosit dalam aliran darah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan MAP dengan kadar enzim hati dan trombosit pada preeklamsia. Penelitian ini bersifat analitik dengan mengambil data sekunder pada 30 ibu hamil preeklamsia di RSUP Dr. M. Djamil Padang. Metode pengambilan sampel adalah simple random sampling. Analisis statistik yang digunakan adalah uji korelasi Pearson dan Spearman. Hasil analisis menunjukkan semua variabel memiliki p-value >0,05. Hal ini berarti bahwa tidak terdapat hubungan bermakna antara MAP dengan SGOT (r=0,031, p=0,872), SGPT (r=0,136, p=0,473), LDH (r=0,087, p=0,646), dan trombosit (r=-0,179, p=0,343). Kesimpulan penelitian ini adalah tidak terdapat hubungan bermakna MAP dengan kadar enzim hati dan trombosit pada preeklamsia.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: Mr Fajrun RB
Date Deposited: 30 Jul 2016 04:47
Last Modified: 30 Jul 2016 04:47
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/13555

Actions (login required)

View Item View Item