KEJADIAN DEMAM NEUTROPENIA PADA PASIEN KANKER PAYUDARA YANG MENDAPAT KEMOTERAPI DI UNIT KEMOTERAPI RSUP DR. M DJAMIL PADANG

Rulli, Firmansyah (2015) KEJADIAN DEMAM NEUTROPENIA PADA PASIEN KANKER PAYUDARA YANG MENDAPAT KEMOTERAPI DI UNIT KEMOTERAPI RSUP DR. M DJAMIL PADANG. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Tesis Full Text)
201506290927th_format unand rulli.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (731kB)

Abstract

Demam neutropenia merupakan kejadian yang sering dialami oleh pasien dengan keganasan dan dapat disebabkan oleh proses infeksi maupun non infeksi (penyakit primer, reaksi transfusi, efek samping kemoterapi), demam pada neutropenia merupakan kedaruratan onkologi yang membutuhkan penanganan cepat dengan pemberian antibiotik yang tepat.7 Risiko terjadinya infeksi pada pasien dengan neutropenia meningkat dengan cepat bila hitung neutrofil kurang dari 500 sel/μL dan risiko infeksi yang berat terjadi bila hitung neutrofil kurang dari 100 sel/μL. Antibiotik harus digunakan setepat mungkin untuk mencegah timbulnya resistensi kuman karena sebagian besar kejadian demam neutropenia tidak disebabkan oleh infeksi.7 Kemoterapi sebagai salah satu penyebab neutropenia menimbulkan demam pada 25-40% kasus, akibat kejadian tersebut dapat mengakibatkan penundaan pemberian kemoterapi pada pasien keganasan8.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: R Medicine > RC Internal medicine > RC0254 Neoplasms. Tumors. Oncology (including Cancer)
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: ms Meiriza Paramita
Date Deposited: 30 Jul 2016 03:57
Last Modified: 30 Jul 2016 03:57
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/13526

Actions (login required)

View Item View Item