Analisis Aliran daya Pada Sistem Distribusi Tidak Seimbang Menggunakan Program RDAP (Radial Distribution Analysis Package)

M., YUNGKI PIRANDA (2016) Analisis Aliran daya Pada Sistem Distribusi Tidak Seimbang Menggunakan Program RDAP (Radial Distribution Analysis Package). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
abstrak.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I Pendahuluan)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab V Kesimpulan dan Saran)
BAB V kesimpulan dan saran.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full text)
TUGAS AKHIR ILMIAH UTUH.compressed.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis aliran daya pada sistem Distribusi dalam kondisi sistem yang tidak seimbang. Permasalahan dibatasi pada penentuan besar tegangan tiap bus, aliran daya aktif, aliran daya reaktif dan rugi-rugi daya pada berbagai titik/bus dan saluran. Data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dari data yang terdapat pada IEEE 34 busberupa data bus, saluran, trafo, kapasitor dan pembebananan. Software yang digunakan adalahRDAP versi3.0 dengan metode Forward – Backward Sweep yang sudah terintegrasi di dalamnya. Simulasi dilakukan dengan 2 keadaansistem yang berbeda yaitu keadaan feeder normal, dan saat feeder dimodifikasi. Kondisi ini dipilih atas dasar adanya tingkat ketidakseimbangan tegangan yang melebihi standar rekomendasi dari NEMA (National Electrical Manufacture’s Association).Hasil simulasi menunjukkan bahwa pengurangan tingkat ketidakseimbangan tegangan mengurangi tingkatrugi-rugi daya total dari sistem. Adapun rugi-rugi daya di setiap kondisi sebelum dan sesudah feeder dimodifikasi berurutan adalahpada simulasi pertama yaitu sebesar 273,068kW untuk rugi-rugi daya aktif dan 35,614kVAR untuk rugi-rugi daya reaktif, pada simulasi kedua penurunan rugi-rugi menjadi 263,790kW untuk rugi-rugi daya aktif dan 23,730 kVAR untuk rugi-rugi daya reaktif. Terjadi Penurunan total rugi-rugi (losses) sistem sebesar 9,278 kW untuk daya aktif dan 11,884 kVARuntuk daya reaktif. Kata Kunci : Analisis Aliran Daya,IEEE 34 bus, RDAP, Sistem Distribusi, Tidak Seimbang , Rugi-Rugi Sistem

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Elektro
Depositing User: S1 Teknik Elektro
Date Deposited: 01 Aug 2016 02:50
Last Modified: 01 Aug 2016 02:50
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/13426

Actions (login required)

View Item View Item