ANALISIS EFEKTIVITAS KREDIT USAHA PEMBIBITAN SAPI (KUPS): Studi Kasus Pada Kelompok Tani Ternak Berkah di Jorong Purwajaya Nagari Sarilamak Kecamatan Harau Kabupaten Lima Puluh Kota

ANITA, HARAHAP (2015) ANALISIS EFEKTIVITAS KREDIT USAHA PEMBIBITAN SAPI (KUPS): Studi Kasus Pada Kelompok Tani Ternak Berkah di Jorong Purwajaya Nagari Sarilamak Kecamatan Harau Kabupaten Lima Puluh Kota. Diploma thesis, Univeristas Andalas.

[img] Text (Skripsi Fulltext)
201511181132th_skripsi anita.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk ; 1) Mengetahui penggunaan dana KUPS pada Kelompok Tani Ternak Berkah, 2) Mengetahui efektivitas KUPS pada kelompok Tani Ternak Berkah dan 3) Mengetahui apakah dengan usaha pembibitan, peternak mendapatkan keuntungan dan mampu membayar cicilan kredit sebagai kewajibannya. Penelitian dilaksanakan pada tanggal 06 Maret sampai 03 Juni 2015, menggunakan metode studi kasus. Analisis data dengan deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan Penggunaan dana KUPS pada Kelompok Tani Ternak Berkah belum terealisasikan dengan baik sesuai dengan ketentuan penggunaan dana pada Permentan Nomor 12/Permentan/PD.400/3/2012 tentang Pedoman Pelaksanaan Kredit Usaha Pembibitan Sapi dimana peternak menggunakan dana sebesar 90% untuk pembelian sapi yang berdampak tingginya biaya operasional yang dikeluarkan peternak dengan dana pribadi. Kredit Usaha Pembibitan Sapi (KUPS) belum efektif pada Kelompok Tani Ternak Berkah dilihat dari ketercapian tujuan KUPS yaitu dalam kurun waktu 3 tahun terjadi penurunan populasi sapi yang dipelihara, jumlah anggota tidak mengalami pertambahan dan tidak menambah jam kerja peternak dalam memelihara ternak. dari analisa pendapatan diketahui peternak belum memperoleh keuntungan, sehingga peternak belum bisa membayar cicilan setiap tahun serta pembayaran cicilan bunga yang dibayarkan setiap bulan dari hasil usaha pembibitan sapi. Untuk pembayaran cicilan kredit peternak mengambil dana dari penjualan anak sapi/pedet, bahkan menjual induk sapi dan dari pendapatan usaha lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: Mr Meivrizon Veri
Date Deposited: 28 Jul 2016 08:51
Last Modified: 28 Jul 2016 08:51
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/13231

Actions (login required)

View Item View Item