Kepribadian Tokoh Utama dalam Kumpulan Cerpen Perempuan Patah Hati yang Kembali Menemukan Cinta Melalui Mimpi karya Eka Kurniawan Tinjauan Psikologi Sastra

Irsan, Irsan (2016) Kepribadian Tokoh Utama dalam Kumpulan Cerpen Perempuan Patah Hati yang Kembali Menemukan Cinta Melalui Mimpi karya Eka Kurniawan Tinjauan Psikologi Sastra. Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img]
Preview
Text (abstrak)
abstrak watermark.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 4)
BAB IV.pdf - Published Version

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (189kB) | Preview
[img] Text (skripsi full text)
SKRIPSI_IRSAN - Copy.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keingintahuan peneliti tentang bagaimana gangguan kepribadian tokoh utama. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Menjelaskan bagaimana kepribadian tokoh utama dalam kumpulan cerpen Perempuan Patah Hati yang Kembali Menemukan Cinta Melalui Mimpi(2) Menjelaskan faktor penyebab kepribadian tokoh utama. Penelitian ini dilakukan melalui tiga tahap, yaitu pengumpulan data, analisis dan hasil penyajian. Pada tahap pengumpulan data digunakan metode kualitatif, selanjutnya dianalisis menggunakan pendekatan psikologi sastra dengan menerapkan hukum-hukum psikologi B.F. Skinner yang dibantu dengan analisis kajian intrinsik kumpulan cerpen. Hasil analisis data disajikan secara deskriptif, yaitu dengan mendeskripsikan hasil analisis analisis dengan kutipan-kutipan dari sumber data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tokoh utama mengalami gangguan kepribadian. Tokoh utama mengalami kecemasan yang berlebihan. Akibat dari kecemasan yang berlebihan tokoh utama berdampak pada perubahan tingkah laku. Kecemasan yang dialami tokoh utama mengakibatkan perasaan gugup, rasa bersalah, rasa malu, berpikiran buruk, penyesalan dan menjauh dari lingkungan sosial. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, yang pertama pengalaman pribadi yang mempengaruhi tingkah laku dan yang kedua faktor lingkungan yang dapat mengubah kepribadian tokoh utama.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Indonesia
Depositing User: s1 sastra indonesia
Date Deposited: 28 Jul 2016 07:52
Last Modified: 28 Jul 2016 07:52
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/13070

Actions (login required)

View Item View Item