PENGARUH VIDEO SELF MODELING TERHADAP KEMAMPUAN MENYIKAT GIGI PADA ANAK AUTISME SPECTRUM DISORDERS (ASD) DI SEKOLAH KHUSUS AUTISME YPPA PADANG

Gina, Apriana (2015) PENGARUH VIDEO SELF MODELING TERHADAP KEMAMPUAN MENYIKAT GIGI PADA ANAK AUTISME SPECTRUM DISORDERS (ASD) DI SEKOLAH KHUSUS AUTISME YPPA PADANG. Diploma thesis, UPT. Perpustakaan.

[img] Text
SKRIPSI .pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Keterbatasan yang dialami oleh anak autisme membuat mereka tidak mampu melakukan menyikat gigi dengan baik dan benar. Video self modelling (VSM) dapat diterapkan sebagai terapi dalam melatih keterampilan pada anak autisme. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh VSM terhadap kemampuan menyikat gigi pada anak autisme di Sekolah Khusus Autisme Yayasan Pengembangan potensi Anak (YPPA). Penelitian ini menggunakan desain penelitian eksperimen dengan single subject experimental design, jumlah sampel tiga orang. Intervensi yang diberikan berupa VSM tentang menyikat gigi. Data dikumpulkan melalui sebelum dan sesudah intervensi dan maintenance menggunakan lembar observasi menyikat gigi. Data dianalisa dengan menggunakan Visual Analysis of Graphic Data. Hasil sebelum intervensi menunjukan anak memiliki ketidakmampuan dalam menyikat gigi dengan baik dan benar ( ̅=53,84%), setelah intervensi anak mengalami peningkatan ( ̅=87,21%). Hasil maintenance anak mempunyai kemampuan yang menetap dalam menyikat gigi ( ̅=86,1%). Terdapat pengaruh VSM terhadap kemampuan menyikat gigi pada anak autisme. Disarankan untuk penggunaan Video Self Modeling dalam mengajarkan keterampilan lainnya seperti toilet training, personal hygiene. Kata kunci: Autisme, menyikat gigi, Video Self Modeling

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Ms Randa Erdianti
Date Deposited: 10 Feb 2016 05:01
Last Modified: 10 Feb 2016 05:01
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/1288

Actions (login required)

View Item View Item