Meri, Fourliani (2016) TINJAUAN KINERJA OPERASIONAL ANGKUTAN UMUM (KAJIAN FAKTOR MUAT, WAKTU TEMPUH, DAN FREKUENSI LAYANAN) TRANS PADANG KORIDOR I TAHUN 2015. Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.
|
Text (abstrak)
1. ABSTRAK A5 PDF.pdf - Published Version Download (33kB) | Preview |
|
|
Text (bab 1)
6. BAB I.pdf - Published Version Download (70kB) | Preview |
|
|
Text (bab akhir)
11. BAB VI.pdf - Published Version Download (107kB) | Preview |
|
|
Text (daftar pustaka)
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (117kB) | Preview |
|
Text (tugas akhir full)
meri fourliani (1110923049).pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Kota Padang telah mengoperasikan angkutan umum dalam model Bus Rapid Transit (BRT). Operasional BRT Trans Padang dimulai awal Februari 2014 dengan sepuluh armada, kemudian pada 26 Juni 2014 bertambah menjadi lima belas armada. Studi terdahulu telah menganalisis operasional BRT dengan sepuluh armada, namun setelah ditambah menjadi lima belas armada masih terlihat penumpang yang menunggu lama di halte pada waktu tertentu. Untuk itu diperlukan suatu kajian studi terhadap frekuensi layanan, faktor muat dan waktu tempuh, dari operasional Trans Padang dengan lima belas armada tersebut. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode analisis deskriptif dan evaluatif. Pengambilan data primer pada penelitian dengan melakukan survey langsung di lapangan selama satu hari penuh, dimulai pada awal beroperasi, jam 05.30 WIB hingga Trans Padang terakhir beroperasi pada jam 20.30 WIB, dengan bantuan satu surveyor dalam setiap bus. Data yang didapat pada survei tersebut kemudian diolah dan didapatkan hasil berupa freakuensi layanan BRT Trans Padang dalam satu hari pengoperasian yaitu sebanyak 6 bus dalam setiap jam, faktor muat rata-rata sebesar 98,933% dalam setiap jam, dan waktu tempuh yang dibutuhkan bus pulang pergi rata-rata selama 54 menit 18 detik setiap jam dengan waktu terminal rata-rata di Batas Kota selama 13 menit 4 detik dan di Imam Bonjol selama 4 menit 16 detik. Dari penelitian ini, didapat bahwa kinerja operasional Trans Padang dengan dua belas armada dinilai cukup baik dengan mengacu kepada standar yang ditentukan oleh World Bank dan Dirjen Perhubungan Darat tetapi jumlah armada yang beroperasi saat ini belum cukup memenuhi kebutuhan penumpang yang akan dan menggunakan Trans Padang. Kata Kunci : Bus Rapid Transit, Frekuensi Layanan, Faktor Muat, Waktu Tempuh
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Sipil |
Depositing User: | s1 Teknik Sipil |
Date Deposited: | 27 Jul 2016 04:28 |
Last Modified: | 27 Jul 2016 04:28 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/12857 |
Actions (login required)
View Item |