KOMUNIKASI ORGANISASI DALAM PROGRAM PENINGKATAN PERANAN WANITA MENUJU KELUARGA SEHAT DAN SEJAHTERA(Studi Deskriptif pada Bagian Humas dan Protokol Sekretariat Daerah Kabupaten Kerinci )

Lili, Susanti (2015) KOMUNIKASI ORGANISASI DALAM PROGRAM PENINGKATAN PERANAN WANITA MENUJU KELUARGA SEHAT DAN SEJAHTERA(Studi Deskriptif pada Bagian Humas dan Protokol Sekretariat Daerah Kabupaten Kerinci ). Masters thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img] Text (Skripsi Full Text)
201509291005th_thesis lili susanti.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya komunikasi organisasi dalam program Peningkatan Peranan Wanita menuju Keluarga Sehat Sejahtera (P2WKSS). Salah satu tantangan besar dalam komunikasi organisasi adalah bagaimana menyampaikan informasi program P2WKSS ke seluruh bagian organisasi Pemerintah Kabupaten Kerinci dan bagaimana menerima informasi dari seluruh bagian organisasi tersebut secara timbal balik. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan strategi komunikasi yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Kerinci dalam mengkomunikasikan program P2WKSS dan mendeskripsikan komunikasi organisasi yang terjalin dalam program P2WKSS. Metode penelitian yang digunakan deskriptif-kualitatif dengan perspektif sistem. Analisis data menggunakan metode Miles dan Huberman. Komunikasi organisasi dibahas dengan menggunakan teori sistem. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi Pemerintah Kabupaten Kerinci dalam mengkomunikasikan program P2WKSS adalah: pemilihan komunikator; pemilihan metode dan teknik komunikasi dengan tatap muka, berkelompok dan bermedia; dan pengelolaan pesan program P2WKSS yang informatif dan persuasif. Efektifitas strategi komunikasi dalam program P2WKSS ditemukan dalam komunikasi tatap muka, namun masyarakat baru sebatas mengetahui, belum terlihat dalam perubahan perilaku dan sikap masyarakat miskin terhadap pesan-pesan program P2WKSS. Komunikasi organisasi yang terjalin dalam program P2WKSS diketahui dari arah aliran informasi formal sebagai konsekuensi struktur organisasi Pemerintah Kabupaten Kerinci, yaitu komunikasi ke bawah, komunikasi ke atas, dan komunikasi horizontal. Berdasarkan analisis teori sistem, komunikasi organisasi dalam program P2WKSS sudah berjalan namun belum maksimal, ada kelemahan dalam koordinasi dan evaluasi program P2WKSS. Kata kunci: Komunikasi Organisasi, Program P2WKSS, Strategi Komunikasi

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: Mr Dian Niko Putra
Date Deposited: 27 Jul 2016 02:24
Last Modified: 27 Jul 2016 02:24
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/12830

Actions (login required)

View Item View Item