RANCANG BANGUN SISTEM KONTROL INTENSITAS CAHAYA RUANGAN MENGGUNAKAN MIKROKONTROLER ARDUINO UNO DAN SENSOR PHOTOTRANSISTOR

FELLI, INDRIANI (2015) RANCANG BANGUN SISTEM KONTROL INTENSITAS CAHAYA RUANGAN MENGGUNAKAN MIKROKONTROLER ARDUINO UNO DAN SENSOR PHOTOTRANSISTOR. Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img] Text (Skripsi Full Text)
201508191145th_all.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pengontrolan cahaya lampu ruangan merupakan salah satu pengembangan teknologi yang dapat kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan sistem pengontrol lampu otomatis di dalam rumah. Cahaya yang digunakan untuk pengontrolan cahaya ruangan ini haruslah sampai pada tujuan sistem. Permasalahan yang sering timbul biasanya terjadi pada rumah yaitu dalam hal penghematan biaya dan energi. Untuk itu diperlukan sebuah sistem kontrol mengontrol penyalaan lampu di dalam ruangan. Dalam penelitian ini, pengontrolan cahaya ruangan dilakukan dengan menggunakan mikrokonroler Arduino Uno, driver TRIAC, sensor PIR, sensor phototransistor, dan lampu pijar, dimana output dari sistem ini berupa cahaya lampu yang terbagi dalam 4 kondisi nyala lampu, diantaranya gelap, redup, normal dan terang. Sistem dapat berjalan dengan baik dengan waktu respon sistem lebih kurang 1 detik. Kata Kunci : Intensitas Cahaya, Sensor Phototransistor, Arduino Uno.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Informasi > Sistem Komputer
Depositing User: Mr Dian Niko Putra
Date Deposited: 26 Jul 2016 07:39
Last Modified: 26 Jul 2016 07:39
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/12673

Actions (login required)

View Item View Item