REGINA, SURYA YANEDI (2015) KONTROL SEKOLAH DALAM MENGANTISIPASI TINDAKAN BULLYING DI KALANGAN SISWA SEKOLAH DASAR KOTA PADANG (Studi Kasus : Sekolah Dasar Negeri No.35 Parak Karakah dan Sekolah Dasar Kartika 1-11 Padang). Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.
Text (Skripsi Full Text)
201508081448th_skripsi regina.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Dalam penyelenggaraan pendidikan yang efektif dan efisien pada institusi pendidikan dipengaruhi oleh suasana kondusif yang diciptakan oleh seluruh komponen yang memiliki peran tersendiri dalam pencapaian tujuan peserta didik. Namun dalam kenyataannya tujuan dari pendidikan belum terpenuhi seutuhnya, dikarenakan kemunculan berbagai penyimpangan perilaku yang mewarnai kehidupan dunia pendidikan, salah satunya kekerasan dan penindasan atau bullying yang terkadang tidak disadari oleh masyarakat. Diperlukan komitmen bersama dan langkah nyata untuk mecegah bullying di sekolah. Lembaga Pendidikan sangat besar andilnya dalam keikutsertaan sebagai lembaga pengendalian sosial, khususnya terhadap peserta didik dan umumnya terhadap semua jajaran dalam pendidikan itu. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Studi kasus di dua sekolah yang ada di Kota Padang, yaitu Sekolah Dasar Negeri No 35 Parak Karakah dan Sekolah Dasar Kartika 1-11 Padang sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam serta observasi. Wawancara dilakukan dengan 15 informan yang diantaranya kepala sekolah, guru, satpam, orang tuasiswa, korban bullying serta siswa pelaku bullying. Observasi dilakukan di kedua sekolah dasar yaitu Sekolah Dasar Negeri No 35 Parak Karakah dan Sekolah Dasar Kartika 1-11 Padang. Penelitian ini menggunakan konsep kontrol sosial yang dipelopori oleh Setiadi yang memfokuskan pada cara pengendalian yang dilakukan sekolah dalam mengantisipasi tindakan bullying di sekolah dasar. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat kontrol yang di lakukan masing-masing sekolah dalam mengantisipasi tindakan bullying di kalangan siswa sekolah dasar. Sekolah Dasar Negeri No 35 Parak Karakah melakukan pembinaan dan penanaman moral serta bimbingan yang dilakukan guru kelas siswa bersangkutan sementara Sekolah Dasar Kartika 1-11 Padang memiliki cara pengendalian seperti pengarahan, konseling oleh guru konseling, pemilihan ketua kelas yang dipilih dengan kriteria disiplin dan bertanggungjawab serta pemantapan spiritual yang matang.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HM Sociology |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi |
Depositing User: | Mr Dian Niko Putra |
Date Deposited: | 26 Jul 2016 04:15 |
Last Modified: | 26 Jul 2016 04:15 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/12620 |
Actions (login required)
View Item |