Diah, Mulyani Indrawati (2023) AKUNTABILITAS PELAYANAN KTP-EL DI KECAMATAN KOTO TANGAH KOTA PADANG TAHUN 2020-2021. Diploma thesis, Universitas Andalas.
Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version Download (384kB) |
|
Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version Download (525kB) |
|
Text (BAB VI Penutup)
BAB VI PENUTUP.pdf - Published Version Download (261kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (371kB) |
|
Text (Skripsi Full Text)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Di era globalisasi saat ini, pegawai merupakan harapan bersama agar suatu negara menjadi lebih baik dalam memberikan pelayanan publik, salah satunya dengan penerapan prinsip good governance “akuntabilitas” untuk pelayanan e-KTP. Penerapan akuntabilitas dalam suatu birokrasi dapat menciptakan pelayanan yang akuntabel dan prima kepada masyarakat. Namun, seiring berjalannya waktu, hal tersebut belum sepenuhnya dilaksanakan dengan baik. Seperti yang dikatakan Kumorotomo, implementasi akuntabilitas dalam pelayanan publik dapat dilihat dari empat indikator yaitu profesionalitas pegawai, kejelasan pelayanan, ketepatan waktu pelayanan, kelengkapan sarana dan prasarana. Kecamatan Koto Tangah merupakan salah satu kecamatan yang memiliki jumlah penduduk terbanyak dari sebelas kecamatan yang ada di Kota Padang. Dalam hal ini pelayanan e-KTP dilaksanakan di kecamatan, dan kecamatan yang bertanggung jawab kepada Dinas Pencatatan Sipil. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menjelaskan akuntabilitas pelayanan e-KTP di Kecamatan Koto Tangah Kota Padang Tahun 2020-2021. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus instrumental. Untuk menguji keabsahan data yang diperoleh penulis, penulis menggunakan teknik triangulasi. Hasil dalam penelitian ini adalah akuntabilitas pelayanan e-KTP di Kecamatan Koto Tangah Kota Padang tahun 2020-2021 telah dilaksanakan, namun masih belum berjalan maksimal. Hal ini dibuktikan dengan indikator yang peneliti gunakan, hanya indikator profesionalisme pegawai yang dapat berjalan. sedangkan indikator kejelasan pelayanan, ketepatan waktu pelayanan, dan kelengkapan sarana dan prasarana masih belum berjalan optimal. Selain itu, kurangnya alat yang digunakan tidak sebanding dengan jumlah orang yang mengurus e-KTP, sehingga pelayanan menjadi kurang maksimal dan efektif. Kata Kunci: Kepemerintahan yang Baik, Akuntabilitas, Pelayanan Publik, KTP-el, Koto Tangah
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | J Political Science > JA Political science (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik |
Depositing User: | s1 Ilmu politik |
Date Deposited: | 28 Feb 2023 04:08 |
Last Modified: | 28 Feb 2023 04:08 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/124819 |
Actions (login required)
View Item |