DERAJAT EKSPRESI FIBROBLAST ACTIVATION PROTEIN PADA CANCER ASSOCIATED FIBROBLAST KARSINOMA KOLOREKTAL

Vonny, Amalia (2023) DERAJAT EKSPRESI FIBROBLAST ACTIVATION PROTEIN PADA CANCER ASSOCIATED FIBROBLAST KARSINOMA KOLOREKTAL. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (81kB)
[img] Text (Bab 1)
Bab 1.pdf - Published Version

Download (116kB)
[img] Text (Penutup)
Penutup.pdf - Published Version

Download (46kB)
[img] Text (Daftar pustaka)
daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (118kB)
[img] Text (Full text)
Full text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Karsinoma kolorektal (KKR) merupakan keganasan saluran cerna tersering di dunia. Karsinoma kolorektal terjadi akibat interaksi yang kompleks antara faktor genetik dan lingkungan. Perkembangan sel kanker dan respon terhadap terapi dikaitkan dengan lingkungan mikro tumor (LMT) yang mendukung pertumbuhan dan perkembangan sel kanker. Fibroblast yang aktif pada LMT disebut Cancer Associated Fibroblast (CAFs). Cancer Associated Fibroblast pada kanker tetap aktif secara terus menerus mengakibatkan perkembangan yang signifikan pada sel kanker. Fibroblast Activation Protein merupakan salah satu penanda CAFs yang banyak dipakai. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan desain penelitian cross sectional. Menggunakan 36 blok parafin kasus KKR yang memenuhi kriteria inklusi. Ekspresi FAP dinilai melalui pulasan imunohistokimia dengan anti-FAP dan dilakukan pencatatan data histopatologi berupa kedalaman invasi, derajat differensiasi, invasi limfovaskular dan status metastasis kelenjar getah bening. Hasil penelitian didapatkan lebih dari separuh kejadian KKR terjadi pada usia >50 tahun (58,3%), jenis kelamin perempuan (61,1%), lokasi tumor pada kolon sigmoid (25%). Lebih dari separuh derajat ekspresi FAP pada CAFs menunjukan derajat ekspresi tinggi (52,8%). Ekspresi FAP derajat tinggi lebih banyak ditemukan pada kedalaman invasi T3-T4, derajat diferensiasi low grade, KKR tanpa invasi limfovaskular dan KKR tanpa metastasis KGB. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat variasi ekspresi FAP sebagai penanda CAFs pada karsinoma kolorektal menurut gambaran histopatologinya. Diperlukan studi lanjutan untuk menilai signifikansi ekspresi FAP dengan gambaran histopatologi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. dr. Noza Hilbertina, M.Biomed,Sp.PA(K)
Uncontrolled Keywords: Cancer-Associated Fibroblast, Derajat Ekspresi, Fibroblast Activation Protein, Imunohistokimia, Karsinoma kolorektal.
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RB Pathology
R Medicine > RC Internal medicine > RC0254 Neoplasms. Tumors. Oncology (including Cancer)
R Medicine > RZ Other systems of medicine
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: S1 Pendidikan Kedokteran
Date Deposited: 22 Feb 2023 10:20
Last Modified: 22 Feb 2023 10:20
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/124003

Actions (login required)

View Item View Item