PERANCANGAN DAN ANALISA JARINGAN SENSOR NIRKABEL UNTUK MENDETEKSI GERAK BENDA MENGGUNAKAN METODE CLIENT-SERVER DENGAN SOCKET PROGRAMMING

Syah, Fadel Putra Dwingga (2023) PERANCANGAN DAN ANALISA JARINGAN SENSOR NIRKABEL UNTUK MENDETEKSI GERAK BENDA MENGGUNAKAN METODE CLIENT-SERVER DENGAN SOCKET PROGRAMMING. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (79kB)
[img] Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (107kB)
[img] Text (BAB 5 Penutup)
BAB 5 Penutup.pdf - Published Version

Download (33kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (180kB)
[img] Text (Tugas Akhir Fulltext)
TA Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi berkembang dengan pesat selaras dengan dikumandangkannya revolusi industri 4.0 yang mendorong adanya inovasi pada dunia teknologi. Revolusi industri 4.0 merupakan era digital yang memungkinkan industri berkolaborasi dan berkomunikasi secara real-time dengan memanfaatkan Internet of Things (IoT). Komunikasi data yang cukup populer di IoT saat ini yaitu Jaringan Sensor Nirkabel (JSN). JSN memungkinkan pengguna untuk melakukan monitoring suatu objek secara real-time tanpa harus berada di lokasi objek tersebut sehingga memungkinkan pengguna untuk monitoring objek yang tidak mungkin untuk dilihat secara langsung. Salah satu pemanfaatan dari JSN yaitu untuk mengirim data dari benda bergerak seperti sistem monitoring menggunakan unmanned aerial vehicle (UAV)-JSN. Penelitian ini bertujuan untuk mendeteksi gerak benda menggunakan jaringan sensor nirkabel dengan metode client-server dan menampilkan data dalam bentuk grafik real-time maupun yang sudah berlalu pada website serta mengetahui perbandingan kinerja protokol Transmission Control Protocol (TCP) dan User Datagram Protocol (UDP) dengan membandingkan quality of service dari jaringan yang dibuat. QoS dari jaringan yang dibuat memiliki throughput pada TCP dengan tidak mengirim data ke database client sebesar 37,32 Kbps dan dengan mengirim data ke database client sebesar 18,70 Kbps. Pada UDP dengan tidak mengirim data ke database client sebesar 77,17 Kbps dan dengan mengirim data ke database client sebesar 6,78 Kbps. Delay pada TCP dengan tidak mengirim data ke database client sebesar 19,51 ms/paket dan dengan mengirim data ke database client 38,032 ms/paket. Pada protokol UDP dengan tidak mengirim data ke database client sebesar 7,239 ms/paket dan dengan mengirim data ke database client sebesar 104,661 ms/paket. Seluruh parameter tersebut ke dalam kategori sangat bagus. Berdasarkan QoS, protokol UDP lebih baik dibandingkan TCP. Sedangkan berdasarkan banyaknya data yang hilang, kinerja protokol TCP lebih baik dibandingkan dengan UDP. Protokol UDP lebih baik digunakan untuk suatu sistem monitoring gerak benda karena harus menampilkan data secara realtime sehingga membutuhkan komunikasi data yang cepat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Darmawan, M. Sc
Uncontrolled Keywords: monitoring , Jaringan Sensor Nirkabel , Quality of Service, Throughput, delay
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Elektro
Depositing User: S1 Teknik Elektro
Date Deposited: 14 Feb 2023 04:28
Last Modified: 14 Feb 2023 04:28
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/123182

Actions (login required)

View Item View Item