ALWAFI, M.NUR (2015) ETIKA PELAYANAN PELANGGAN PADA PT.PLN (PERSERO) CABANG PADANG RAYON TABING. Diploma thesis, UPT. Perpustakaan Unand.
Text
201504151334th_tugas akhir fiks.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Latar Belakang Masalah Listrik merupakan salah satu sumber kebutuhan masyarakat yang sangat penting dan mempunyai fungsi untuk melakukan suatu kegiatan usaha. sehingga orang-orang beranggapan bahwa era modern ini adalah zaman serba listrik. Ketergantungan manusia pada listrik sangat banyak dalam melakukan kegiatan, karena listrik tersebut sangat fleksibel dan mudah diubah menjadi energi dalam bentuk lain. Listrik digunakan untuk menggerakan peralatan industri, perusahaan, perbankkan, transportasi, sampai sektor rumah tangga semuanya bergantung pada listrik. PT. PLN (persero) wilayah SUMBAR cabang padang rayon tabing adalah perusahaan yang bergerak di bidang listrik yang berfungsi sebagai pelaksana dan pelayanan sarana listrik di dalam kotamadya Padang khususnya, dan sumatra barat pada umumnya dapat berjalan dengan baik dan lancar. Perusahaan listrik Negara (PLN) merupakan perusahaan di bidang jasa dalam pelayanan kepada masyarakat mengenai kebutuhan listrik. Secara umum bidang usaha terhadap pemasaran jasa yang diberikan PT. PLN (persero) wilayah Sumbar cabang Padang rayon Tabing dalam proses kegiatan jasa pelayanan yaitu penjualan tenaga listrik, menetapkan, mendokumentasikan, menerapkan, dan memelihara sistem manajemen mutu dan terus-menerus memperbaiki keefektifisannya. Sebelum menggunakan listrik pelanggan terlebih dahulu membeli sejumlah nominal energi listrik, kemudian pelanggan dapat mengelola dan mengendalikan sendiri dalam penggunaan tenaga listrtik. Pelanggan dapat mengendalikan sesuai kebutuhan dan keinginannya melalui meter elektronik prabayar yang terpasang. Dengan cara ini, kendali pengguna listrik sepenuhnya ada pada diri pelanggan. Kekawatiran tagihan listrik membengkak tak perlu lagi terjadi. Baik yang disebabkan oleh penggunaan listrik yang tak terkontrol maupun karena kesalahan baca meteran. Dengan menggunakan listrik prabayar pelanggan mendapatkan banyak manfaat seperti: Kemudahan memantau pemakaian listrik Pelanggan dapat mendisiplinkan diri sendiri untuk menggunakan listrik sesuai dengan anggaran belanja. Pelanggan dengan mudah mengendalikan anggaran pemakaian listrik sehingga akan terhindar dari pemborosan. Dalam pengertian sempit, etiket atau sering disebut sebagai etika yang berarti tata cara berhubungan dengan manusia lainnya. Sedangkan dalam arti luas, etika sering disebut tindakan yang mengatur perilaku atau tingkah laku manusia dalam bermasyarakat. Tingkah laku ini perlu diatur agar tidak melanggar norma-norma atau kebiasaan yang berlaku di masyarakat. Hal ini disebabkan karena norma-norma atau kebiasaan masyarakat berbeda. Untuk mewujudkan etika yang baik dalam pemberikan pelayanan dipengaruhi dua faktor. Faktor pertama, yaitu faktor manusia yang memberikan pelayanan tersebut. Manusia (karyawan) yang melayani Pelanggan harus memiliki kemampuan melayani Pelanggan secara tepat dan cepat. Di samping itu, karyawan harus memiliki kemampuan dalam berkomunikasi, sopan santun, ramah dan bertanggung jawab penuh terhadap Pelanggan, serta memiliki pengetahuan dan kemampuan yang baik dalam memahami kebutuhan Pelanggan Pelayanan pelanggan merupakan unsur yang penting di dalam usaha meningkatkan kepuasan pelanggan, oleh karena itu suatu perusahaan harus memberikan perhatian khusus pada kegiatan pelayanan dalam hal memenuhi kebutuhan pelanggan serta menciptakan kepuasan pelanggan akan sangat tergantung pada kualitas pelayanan yang diberikan oleh PT. PLN (Persero) kepada konsumen. Berdasarkan uraian diatas, penulis akan melakukan kegiatan magang dengan judul:”Etika Pelayanan Pelanggan Pada PT.PLN (Persero) Cabang Padang Rayon Tabing”.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > D3 Pemasaran |
Depositing User: | Ms Ikmal Fitriyani Alfiah |
Date Deposited: | 27 Jan 2016 07:58 |
Last Modified: | 27 Jan 2016 07:58 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/123 |
Actions (login required)
View Item |