KARAKTERISASI BLEND FILM BERBAHAN DASAR PVA (Polyvinyl Alcohol) DENGAN PENGUAT GAMBIR (Uncaria Gambir) DAN CROSSLINKER ASAM BORAT (Boric Acid)

Razan, Muhammad Railis (2023) KARAKTERISASI BLEND FILM BERBAHAN DASAR PVA (Polyvinyl Alcohol) DENGAN PENGUAT GAMBIR (Uncaria Gambir) DAN CROSSLINKER ASAM BORAT (Boric Acid). Masters thesis, Universtias Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (444kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (411kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (304kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (341kB)
[img] Text (Laporan Tesis Utuh)
Laporan Tesis Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Kekurangan dan pemanfaatan potensi PVA sebagai alternatif pengganti plastik sintetik karena sifat degradasinya yang sangat baik dan banyaknya ketersediaan tanaman gambir di Sumatera Barat merupakan latar belakang penelitian mengenai blend film yang terbuat dari PVA dan kemudian diperkuat oleh gambir dan boric acid ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh penambahan gambir dan boric acid terhadap sifat fisik dan kimia film PVA. Konsentrasi gambir dan boric acid yang dipakai pada penelitian ini masing – masing sebesar 1% dan 0,5% dari berat total sampel dan diberi perlakuan tambahan berupa ultrasonikasi. Penambahan kedua bahan ini menghasilkan peningkatan sifat fisik maupun kimia dari film PVA secara signfikan (p ≤ 0,05). Film PVA/B/G memiliki kekuatan tarik sebesar 59,74 ± 4,85, temperatur dekomposisi pada 368°C, Indeks Kristalinitas sebanyak 23,9% dan penurunan nilai moisture absorption ± 4,3%. Meskipun setelah penambahan boric acid menyebabkan penurunan penyerapan sinar UV tetapi tidak terlalu signifikan. Hasil ini menunjukkan bahwa penambahan gambir dan boric acid dapat memperbaiki sifat – sifat film PVA murni secara signifikan. Kata Kunci : Blend Film ; Gambir ; Boric Acid ; PVA ; Ultrasonikasi

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Prof. Dr. -Ing. Hairul Abral
Uncontrolled Keywords: Blend Film ; Gambir ; Boric Acid ; PVA ; Ultrasonikasi.
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Pascasarjana (S2)
Depositing User: s2 teknik mesin
Date Deposited: 28 Feb 2023 08:47
Last Modified: 28 Feb 2023 08:47
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/122788

Actions (login required)

View Item View Item