S, Rievaldy (2023) PERBANDINGAN KINERJA HASIL SIMULASI DAN PENGUJIAN TURBIN RADIAL BEREFISIENSI RENDAH DAN TINGGI. Diploma thesis, Universitas Andalas.
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak_Rievaldy. S 1810913018.pdf - Published Version Download (115kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I_Rievaldy. S 1810913018.pdf - Published Version Download (73kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V_Rievaldy. S 1810913018.pdf - Published Version Download (36kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka_Rievaldy. S 1810913018.pdf - Published Version Download (161kB) |
|
Text (Tugas Akhir Utuh)
Tugas Akhir Utuh_Rievaldy. S 1810913018.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Meningkatnya konsumsi energi listrik disebabkan karena pembangunan yang terus berkembang diiringi dengan kemajuan teknologi dan peningkatan taraf hidup. Indonesia memiliki potensi air hingga 75.091 MW namun pemanfaatannya baru sekitar 7,2%. Energi air pada aliran sungai yang tidak terlalu besar dengan beda ketinggian (head) 1-3 m dapat dikembangkan pembangkit pikohidro. Karena harga turbin yang digunakan pada pikohidro relatif mahal, digunakan turbomachinery lainnya dengan prinsip yang sama dan biaya yang lebih murah yaitu blower. Namun agar blower ini dapat digunakan perlu dilakukan modifikasi terhadap bagian runner. Pengujian secara simulasi relatif membutuhkan sumber daya yang lebih rendah dibanding pengujian secara eksperimental, baik dari segi waktu, usaha dan biaya sehingga pengujian ini lebih efisien. Pengujian secara simulasi memerlukan metode yang cocok dengan keadaan lapangan sehingga jika dilakukan modifikasi pada bagian blower dapat dilakukan hanya menggunakan simulasi komputer tanpa melakukan pengujian secara eksperimental. Pada penelitian ini dilakukan simulasi numerik yang bertujuan untuk mengetahui parameter simulasi yang mendekati dengan hasil eksperimental sehingga didapatkan parameter simulasi yang diterapkan pada turbin untuk keperluan modifikasi turbin. Pada simulasi numerik menggunakan software CFD, kondisi steady state, multiple reference frame (MRF), mode turbulensi k-epsilon, mass flow inlet dan pressure outlet sebagai kondisi batas. Berdasarkan hasil penelitian, didapatkan selisih nilai torsi terbesar antara hasil eksperimental dan hasil simulasi yaitu 1.13 Nm. Sedangkan selisih nilai torsi terkecil antara hasil eksperimental dan hasil simulasi yaitu 0.20 Nm. Untuk selisih nilai efisiensi terbesar antara hasil eksperimental dan hasil simulasi yaitu 3.52%. Sedangkan selisih nilai efisiensi terkecil antara hasil eksperimental dan hasil simulasi sebesar 0.16%. Kata kunci: Turbin, efisiensi, CFD
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Divisions: | Fakultas Teknik > Mesin |
Depositing User: | s1 teknik mesin |
Date Deposited: | 03 Feb 2023 02:43 |
Last Modified: | 03 Feb 2023 02:43 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/122533 |
Actions (login required)
View Item |