HUBUNGAN RIWAYAT DERAJAT KEPARAHAN KLINIS COVID-19 DENGAN FUNGSI PARU PADA PENYINTAS COVID-19 DI FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS ANDALAS PADANG

Ade, Prasetio (2023) HUBUNGAN RIWAYAT DERAJAT KEPARAHAN KLINIS COVID-19 DENGAN FUNGSI PARU PADA PENYINTAS COVID-19 DI FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS ANDALAS PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (143kB)
[img] Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (160kB)
[img] Text (BAB 7 Penutup)
Penutup.pdf - Published Version

Download (35kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (125kB)
[img] Text (Skripsi Fulltext)
Skripsi Tio E-SKRIPSI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

COVID-19 telah menginfeksi banyak individu beberapa tahun terakhir di seluruh dunia. Virus ini utamanya menginfeksi organ pernapasan dan berisiko untuk memiliki efek jangka panjang bahkan setelah dinyatakan sembuh dari COVID-19. Pandemi ini menyebabkan pemerintah menetapkan pembatasan kegiatan tatap muka seperti kegiatan akademik. Pemantauan terhadap fungsi paru penyintas COVID-19 perlu dilakukan untuk menilai secara lebih lanjut efek jangka panjang COVID-19 terhadap organ pernapasan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan riwayat derajat keparahan klinis COVID-19 dengan fungsi paru pada penyintasnya. Jenis penelitian yang dilakukan adalah observasional analitik dengan pendekatan cross sectional dan dengan teknik pengambilan sampel total sampling. Jumlah sampel adalah 37 partisipan penyintas COVID-19 di Fakultas Kedokteran Universitas Andalas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebagian besar penyintas COVID-19 di Fakultas Kedokteran Universitas Andalas memiliki derajat keparahan klinis ringan (86,5%). Parameter spirometri yang paling banyak mengalami penurunan adalah VEP1 (16,2%) dan sebagian besar penyintas COVID-19 memiliki fungsi paru normal (89,2%). Fungsi paru penyintas COVID-19 memiliki hubungan yang signifikan dengan derajat keparahan klinis yang dibuktikan dengan nilai p 0,005 (p < 0,05) pada uji fisher exact. Kesimpulan dan saran dari penelitian ini adalah terdapat hubungan antara riwayat derajat keparahan klinis COVID-19 dengan fungsi paru penyintasnya, sehingga perlu dilaksanakannya pemeriksaan follow up pasien COVID-19 setelah dinyatakan sembuh dan perlu dilakukan tatalaksana lebih lanjut pada pasien yang mengalami penurunan fungsi paru.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: dr. Fika Tri Anggraini, M.Sc, Ph.D
Uncontrolled Keywords: Coronavirus, SARS-CoV-2, fungsi paru, spirometri, pandemi
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RZ Other systems of medicine
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: S1 Pendidikan Kedokteran
Date Deposited: 30 Jan 2023 04:27
Last Modified: 30 Jan 2023 04:27
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/122231

Actions (login required)

View Item View Item