Desain Teknis dan Analisis Kelayakan Finansial PLTS Off-Grid Sebagai Sumber Energi Stasiun Pengisian Baterai Mobil Listrik Residensial di Kota Padang

Muhammad, Ravel Yulio (2023) Desain Teknis dan Analisis Kelayakan Finansial PLTS Off-Grid Sebagai Sumber Energi Stasiun Pengisian Baterai Mobil Listrik Residensial di Kota Padang. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (56kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (227kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (149kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (123kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Laporan TA Muhammad Ravel Yulio.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Energi terbarukan dapat diaplikasikan dalam berbagai bidang, termasuk bidang transportasi yaitu mobil listrik. Energi listrik dijadikan sebagai sumber energi untuk menggerakan motor listrik pada mobil. Energi listrik disimpan dalam baterai yang dapat diisi ulang melalui proses charging. Jika melakukan charging di rumah, daya yang terpasang di rumah harus mencukupi. Jika tidak, charging harus dilakukan di stasiun pengisian umum. Minimnya infrastruktur charging mobil listrik menjadi kendala dalam pengisian daya mobil listrik. Pengimplementasian Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) dapat dijadikan sebagai alternatif suplai tenaga listrik untuk infrastruktur charging mobil listrik di rumah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan desain optimal serta menganalisa kelayakan finansial desain PLTS off-grid sebagai stasiun pengisian baterai mobil listrik residensial. Desain PLTS dirancang menggunakan perhitungan dan analisis kelayakan finansial menggunakan empat metode yaitu NPV, IRR, payback period, dan COE. Hasil perancangan yang diperoleh adalah PLTS menggunakan 1 buah inverter 2000 W, 1 buah SCC 60A, 4 buah baterai 12 V 200 Ah, dan 4 buah modul PV 550 Wp serta menghasilkan total energi 90.329 kWh dengan total biaya investasi Rp.85.377.200. Hasil analisis kelayakan finansial didapatkan dengan menggunakan metode NPV diperoleh hasil positif, IRR sebesar 6,18 %, payback period pada tahun ke-25, dan COE sebesar Rp. 945,18 memenuhi kriteria kelayakan finansial.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Elektro
Depositing User: S1 Teknik Elektro
Date Deposited: 16 Jan 2023 08:03
Last Modified: 16 Jan 2023 08:03
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/121848

Actions (login required)

View Item View Item