HUBUNGAN TINGKAT AKTIVITAS FISIK DENGAN STATUS GIZI MAHASISWA PENDIDIKAN DOKTER FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS ANDALAS ANGKATAN 2019 PADA MASA PANDEMI COVID-19

Afi, Putra Perdana Nurullah (2022) HUBUNGAN TINGKAT AKTIVITAS FISIK DENGAN STATUS GIZI MAHASISWA PENDIDIKAN DOKTER FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS ANDALAS ANGKATAN 2019 PADA MASA PANDEMI COVID-19. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (91kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (111kB)
[img] Text (Penutup)
BAB 7 Penutup.pdf - Published Version

Download (35kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (128kB)
[img] Text (Skripsi Full Text_Afi Putra Perdana N)
Skripsi Full Text_Afi Putra Perdana N.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Aktivitas fisik didefinisikan sebagai semua gerakan tubuh yang dihasilkan oleh kerja otot rangka yang membutuhkan pengeluaran tenaga serta energi. Status gizi didefinisikan sebagai keadaan tubuh yang diakibatkan oleh keseimbangan antara asupan zat gizi makanan dengan kebutuhan gizi yang diperlukan untuk metabolisme tubuh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan tingkat aktivitas fisik dengan status gizi mahasiswa Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Andalas angkatan 2019 pada masa pandemi COVID-19. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian cross-sectional dengan jumlah responden sebesar 151 orang yang dilaksanakan pada bulan September 2022 di Fakultas Kedokteran Universitas Andalas. Penelitian ini menggunakan kuesioner IPAQ-short form untuk mengukur tingkat aktivitas fisik responden serta menggunakan pengukuran antropometri langsung untuk mengukur status gizi responden. Metode pengambilan dengan simple random sampling. Analisis data hubungan tingkat aktivitas fisik dengan status gizi menggunakan uji pearson chi-square. Hasil penelitian ini menunjukkan hampir separuh (42,4%) dari responden memiliki gambaran tingkat aktivitas fisik yang rendah. Hampir separuh (44,4%) dari responden memiliki status gizi normal. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat hubungan yang signifikan antara tingkat aktivitas fisik dengan status gizi mahasiswa Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Andalas angkatan 2019 (p=0,349). Saran dari penelitian ini yaitu aktivitas fisik mahasiswa perlu ditingkatkan sehingga dapat terhindar dari penyakit-penyakit tidak menular. Selanjutnya dibutuhkan penelitian yang mempertimbangkan faktor lain yang mempengaruhi status gizi seperti pola makan, faktor kesehatan, dan faktor motivasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. dr. Desmawati, M.Gizi
Uncontrolled Keywords: Tingkat Aktivitas Fisik, Status Gizi, Penyakit Tidak Menular
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RZ Other systems of medicine
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: S1 Pendidikan Kedokteran
Date Deposited: 05 Jan 2023 03:01
Last Modified: 05 Jan 2023 03:01
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/121614

Actions (login required)

View Item View Item