EKSISTENSI DATUAK SEBAGAI PEMANGKU ADAT PADA MASYARAKAT NAGARI MASA SEKARANG (Studi Kasus di Nagari Cubadak, Kecamatan Lima Kaum, Kabupaten Tanah Datar)

Rahmadani, Ananda (2022) EKSISTENSI DATUAK SEBAGAI PEMANGKU ADAT PADA MASYARAKAT NAGARI MASA SEKARANG (Studi Kasus di Nagari Cubadak, Kecamatan Lima Kaum, Kabupaten Tanah Datar). Diploma thesis, Universitas Andalas.

WarningThere is a more recent version of this item available.
[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (75kB)
[img] Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (361kB)
[img] Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (148kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (213kB)
[img] Text (kripsi full text)
Skripsi full text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Masyarakat Minangkabau yang hidup secara berkelompok secara tradisional disetiap kelompok masyarakatnya memiliki pemimpin. Datuak merupakan gelar dari penghulu untuk pemimpin suku yang paling tinggi secara adat dikelompok masyarakat di nagari. Peran datuak sebagai pemimpin sangat fundamental dalam masyarakat maka seharusnya peran tersebut tidak tergerus oleh zaman dan perubahan sosial. Tapi penelitian terdahulu menunjukkan bahwa peran niniak mamak dan datuak tidak lagi berpengaruh dalam masyarakat. Nagari Cubadak melaksanakan upacara pengangkatan penghulu sebagai bagian upaya peningkatan kembali peran pemimpin dalam nagari. Implementasi peran datuak untuk melihat realisasi tujuan pengangkatan penghulu tersebut menjadi daya tarik peneliti. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang bagaimana peran datuak sebagai pemangku adat dan mendeskripsikan tentang eksistensi datuak pada masyarakat nagari masa sekarang. Tipe penelitian menggunakan metode penelitian kualitatif etnografi dengan menggunakan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, studi kepustakaan dan dokumentasi. Pemilihan informan penelitian dengan metode purposive sampling dengan menentukan beberapa kriteria. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan data-data, pengamatan dan wawancara selama penelitian, peran datuak sebagai pemangku adat pada masyarakat nagari masa sekarang telah mengalami perubahan. Datuak sebagai bagian dari niniak mamak eksistensinya dalam masyarakat nagari sekarang hanya terlihat pada saat upacara pernikahan dan upacara seremonial seperti acara festival dan pawai yang mengangkat tema pelestarian adat dan budaya. Sedangkan peran dalam menjaga harta pusaka sudah berkurang karena faktor harta pusaka yang dimiliki oleh kaum atau suku sudah banyak yang tergadai. Datuak juga tidak bisa menyelesaikan permaslaahan yang terjadi dalam masyarakat yang dipimpinnya khususnya permasalahan sengketa. Karena permasalahan tersebut akhirnya diselesaikan di Pengadilan Negeri dan hukum negara

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: s1 antropologi sosial
Date Deposited: 30 Dec 2022 09:40
Last Modified: 30 Dec 2022 09:40
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/121510

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item