KARAKTERISTIK KULIT SAPI AWETAN GARAM YANG DIREDAM DALAM MOL DARI RUMPUT GAJAH SEBAGAI MATERIAL UNTUK PRODUKSI KERUPUK KULIT

Ari, Ramadhan Muslim (2022) KARAKTERISTIK KULIT SAPI AWETAN GARAM YANG DIREDAM DALAM MOL DARI RUMPUT GAJAH SEBAGAI MATERIAL UNTUK PRODUKSI KERUPUK KULIT. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text
COVER DAN ABSTRAK.pdf

Download (140kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (324kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (87kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (244kB)
[img] Text
ALHAMDULILLAH fixx.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan mikroorganisme lokal (MOL) rumput gajah (Pennisetum purpureum) dalam proses unhairing (buang bulu) pada kulit sapi awetan garam dengan berbagai lama perendaman kulit terhadap kadar air, kadar protein, tekstur, lightness (L*) dan nilai organoleptik kulit. Penelitian ini menggunakan 2 kg kulit awetan garam dan 1000 ml larutan MOL rumput gajah. Rancangan yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri atas 5 perlakuan dan 4 ulangan. Perlakuan pada penelitian ini adalah lama perendaman A= 12 jam, B= 24 jam, C= 36 jam, D= 48 jam dan E= 60 jam. Parameter yang diamati adalah kadar air, kadar protein, tekstur, lightness (L*) dan nilai organoleptik (kebersihan bulu, kebersihan kulit, dan warna kulit). Hasil penelitian menunjukkan lama perendaman kulit sapi menggunakan MOL rumput gajah dalam proses unhairing kulit sapi tidak berpengaruh nyata (P>0,05) terhadap kadar air, kadar protein, tekstur dan lightness (L*) namun berpengaruh nyata (P<0,05) nilai organoleptik kebersihan bulu, kebersihan kulit dan warna. Hasil terbaik pada penelitian ini yaitu pada perlakuan B (24 jam) dengan rataan kadar air 64,76%, kadar protein 31,51%, tekstur 56,88j, lightness (L*) 45,81 dan nilai organoleptik kebersihan bulu 3,97 (bersih), kebersihan kulit 3,94 (bersih), dan warna 4,63 (sand). Kata kunci : enzim, kulit sapi awetan garam, MOL rumput gajah, protease, unhairing.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Deni Novia S.TP. M.P Aronal Arief Putra S.Pt, M.Sc., Ph.D
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 peternakan peternakan
Date Deposited: 30 Dec 2022 08:02
Last Modified: 30 Dec 2022 08:02
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/121478

Actions (login required)

View Item View Item