Analisis Karakteristik Akustik Dan Dinamik Micro-Perforated Panel Dengan Struktur Honeycomb Menggunakan Metode Elemen Hingga

Perkasa, Debby (2022) Analisis Karakteristik Akustik Dan Dinamik Micro-Perforated Panel Dengan Struktur Honeycomb Menggunakan Metode Elemen Hingga. Masters thesis, Teknik Mesin.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
COVER_dan_ABSTRAK_DEBBY PERKASA_1820912006.pdf - Published Version

Download (283kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB I_PENDAHULIAN_DEBBY PERKASA_1820912006.pdf - Published Version

Download (237kB)
[img] Text (Bab 5 Penutup)
BAB V_PENUTUP_DEBBY PERKASA_1820912006.pdf - Published Version

Download (192kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA_DEBBY PERKASA_1820912006.pdf - Published Version

Download (233kB)
[img] Text (Fulltext)
TUGAS AKHIR FULL TEXT_DEBBY PERKASA_1820912006.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berfokus pada bahasan korelasi karakteristik akustik dan dinamik dari panel hybrid yaitu Micro-Perforated Panel (MPP) dan struktur Honeycomb (HC). Karakteristik akustik pada kajian eksperimental diperoleh dari koefisien penyerapan suara dan Sound Transmission Loss. Sedangakan, karakteristik dinamik diperoleh dari mode dan frekuensi respon analisis dengan metode simulasi numerik. Hasil dari kedua karakterisik tersebut sebagai tolak ukur dari pengembangan kajian / analisis data eksperimental. Tujuan penelitian ini adalah memperoleh karakteristik dinamik menggunakan mode dan frekuensi respon analisis melalui metode elemen hingga. Pengembangan kajian / analisis eksperimental ini dilakukan untuk mengatasi kelemehan pada pengujian eksperimental. Kelemahan yang didapatkan dari kajian eksperimental adalah tahapan yang rumit dan membutuhkan biaya yang sangat besar. Penelitian ini dilakukan dengan cara simulasi numerik melalui metode elemen hingga dengan menggunakan program Software Ansys 2019 R3. Simulasi numerik memberikan efektivitas dalam melakukan tahapan penilitian dari pada kajian eksperimental. Hasil yang diperoleh dari mode dan frekuensi respon analisis memiliki persamaan dengan nilai frekunsi koefisien penyerapan suara dan nilai frekuensi Sound Transmission Loss, pada nilai frekuensi tinggi dan nilai frekuensi rendah Micro-perforated Panel (MPP) dan struktur Honeycomb (HC). Kata Kunci : Karakteristik Akustik, Karakteristik Dinamik, Micro-Perforated Panel, Honeycomb, Metode Elemen Hingga.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr. Eng Meifal Rusli
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Mesin
Depositing User: s2 teknik mesin
Date Deposited: 30 Dec 2022 08:21
Last Modified: 30 Dec 2022 08:21
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/121389

Actions (login required)

View Item View Item