Syafruddin, Alun (2016) Analisis Sistem Pelayanan Peserta BPJS di Poliklinik Penyakit Dalam RSUP Dr. M Djamil Padang Tahun 2015. Masters thesis, Universitas Andalas.
|
Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf - Published Version Download (128kB) | Preview |
|
|
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version Download (156kB) | Preview |
|
|
Text (Bab Penutup)
BAB AKHIR.pdf - Published Version Download (43kB) | Preview |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (103kB) | Preview |
|
Text (Full Tesis)
FULL TESIS.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Abstrak Data pengaduan/keluhan pelanggan pada Instalasi Humas dan Pengaduan Masyarakat RSUP Dr. M Djamil Padang tahun 2014 yang masuk ke Instalasi Rawat Jalan diantaranya Poliklinik Penyakit Dalam ditemukan terdapat 106 pengaduan. Penelitian ini bertujuan menganalisis sistem pelayanan peserta BPJS di Poliklinik Penyakit Dalam RSUP Dr M Djamil Padang tahun 2015. Jenis penelitian yang digunakan adalah studi kualitatif. Informan penelitian ini adalah Direktur Medik dan Keperawatan, kepala bidang pelayanan medik, kepala instalasi rawat jalan, kepala ruangan penyakit dalam, petugas poliklinik sebanyak 6 orang dan pasien yang berkunjung ke poliklinik penyakit dalam RSUP Dr. M Djamil Padang. Pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam (indepth interview), focus group discussion (FGD) dan observasi. Data dianalisis secara triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian didapatkan pegawai kurang mendapatkan informasi sosialiasasi kebijakan pelayanan BPJS karena hanya terbatas pada Top Manager. Pendanaan dalam pelayanan didukung oleh dana dari pemerintah pusat dan dari BPJS. Ketenagaan dari segi kuantitas masih terdapat kekurangan karena terdapat pegawai yang akan pensiun, pindah tugas ke bagian lain, dan telah memasuki usia lanjut sehingga berpengaruh kepada produktifitas kerja. Pengambilan keputusan mengenai kebutuhan prasarana tidak melibatkan instalasi. Sedangkan mutu pelayanan, jika dilihat kehandalan, daya tanggap, jaminan, kepedulian telah baik dan bukti fisik telah cukup dan mampu menjawab kebutuhan pasien. Penelitian menyarankan perlu adanya peningkatan koordinasi dalam sosialisasi kebijakan yang dilakukan terutama mengenai pelayanan BPJS, rotasi pegawai yang tepat dan pengajuan penambahan tenaga baru serta pengambilan keputusan mengenai kebutuhan prasarana kepada instalasi. Kata kunci : Pelayanan, BPJS, mutu
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine |
Divisions: | Fakultas Kedokteran |
Depositing User: | s2 kesehatan masyarakat |
Date Deposited: | 20 Jul 2016 07:34 |
Last Modified: | 20 Jul 2016 07:34 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/12126 |
Actions (login required)
View Item |