KARAKTERISTIK RENDANG JAMUR TIRAM (Pleurotus ostreatus) DENGAN PERBEDAAN WAKTU PENCAMPURAN JAMUR TIRAM GORENG KE DALAM MASAKAN RENDANG

Fauzi, Ahmad Zulfikar (2022) KARAKTERISTIK RENDANG JAMUR TIRAM (Pleurotus ostreatus) DENGAN PERBEDAAN WAKTU PENCAMPURAN JAMUR TIRAM GORENG KE DALAM MASAKAN RENDANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK_Ahmad Zulfikar Fauzi.pdf - Published Version

Download (144kB)
[img] Text (BAB I_Pendahuluan)
BAB I_Pendahuluan_Ahmad Zulfikar Fauzi.pdf - Published Version

Download (189kB)
[img] Text (BAB Akhir_Kesimpulan dan Saran)
BAB Akhir_Kesimpulan dan Saran_Ahmad Zulfikar Fauzi.pdf - Published Version

Download (53kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA_Ahmad Zulfikar Fauzi.pdf - Published Version

Download (204kB)
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
SKRIPSI FULL TEXT_Ahmad Zulfikar Fauzi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik rendang jamur tiram (Pleurotus ostreatus) dengan perbedaan waktu pencampuran jamur tiram goreng ke dalam masakan rendang. Penelitian ini dirancang menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 3 perlakuan yaitu A (jamur tiram goreng dicampurkan saat kalio), B (jamur tiram goreng dicampurkan saat hampir menjadi rendang), C (jamur tiram goreng dicampurkan saat sudah menjadi rendang) dengan 4 kali ulangan. Hasil penelitian menunjukkan perbedaan waktu pencampuran jamur tiram goreng berpengaruh nyata terhadap kadar air rendang jamur tiram, dan berpengaruh tidak nyata terhadap kadar abu, kadar protein, kadar lemak, kadar karbohidrat by difference, bilangan asam lemak bebas, dan organoleptik rendang jamur tiram, bilangan peroksida pada tiap perlakuan tidak terdeteksi. Berdasarkan analisis kimia, analisis mikrobiologi, dan uji organoleptik, rendang jamur tiram terbaik dihasilkan oleh perlakuan B yaitu jamur tiram goreng dicampurkan saat hampir menjadi rendang dengan kadar air 5,05 %, kadar abu 3,40 %, kadar lemak 44,68 %, kadar protein 6,49 %, kadar karbohidrat by difference 40,38 %, asam lemak bebas 0,84 %, angka lempeng total 9,8 x 104 koloni/g, dan penilaian terhadap organoleptik warna 4,21 (suka), aroma 4,06 (suka), tekstur 4,03 (suka), dan rasa 4,24 (suka).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Hasil Pertanian
Depositing User: s1 tekhasilpertanian fateta
Date Deposited: 30 Dec 2022 07:36
Last Modified: 30 Dec 2022 07:36
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/121173

Actions (login required)

View Item View Item