Pengaruh Pemberian Kompos Eceng Gondok (Eichhornia crassipes (Mart.) Solms.) dan Masa Inkubasi Terhadap Perubahan Beberapa Sifat Kimia Ultisol

Nabila, Yasalshabrinaputri Syinatra (2022) Pengaruh Pemberian Kompos Eceng Gondok (Eichhornia crassipes (Mart.) Solms.) dan Masa Inkubasi Terhadap Perubahan Beberapa Sifat Kimia Ultisol. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (155kB)
[img] Text (BAB I. Pendahuluan)
Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (143kB)
[img] Text (BAB V. Penutup)
Penutup.pdf - Published Version

Download (91kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (244kB)
[img] Text (Tugas Akhir Ilmiah Full Text Nabila S.)
Tugas Akhir Ilmiah Full Text Nabila S..pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Kompos Eceng Gondok merupakan alternatif pupuk organik yang dapat digunakan untuk mengurangi dampak yang diakibatkan dari penggunaan berlebihan pupuk sintetis. Tujuan penelitian ini untuk mempelajari pengaruh kombinasi interaksi dan pengaruh utama antara dosis kompos Eceng Gondok dengan lama masa inkubasi terhadap perbaikan sifat kimia Ultisol. Penelitian ini telah dilaksanakan dari bulan September hingga Desember 2021 di Laboratorium Kimia Tanah, Fakultas Pertanian Universitas Andalas. Penelitian ini menggunakan rancangan acak lengkap (RAL) faktorial yang terdiri dari 2 faktor dengan 3 ulangan. Faktor I adalah dosis kompos eceng gondok (A); [A0 (0 ton/ha), A1 (5 ton/ha), A2 (10 ton/ha), A3 (15 ton/ha), A4 (20 ton/ha)] dan Faktor II adalah lama inkubasi (B); [B0 (dua minggu), B1 (empat minggu), B2 (enam minggu)]. Parameter yang dianalisis yaitu, pH H2O, pH KCl, KTK, N-total, P-tersedia, C-organik, Al-dd dan Basa-basa (K, Ca, Mg, Na). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompos Eceng gondok telah memenuhi standar kualitas kompos menurut SNI. Interaksi dari pemberian kompos Eceng Gondok dan masa inkubasi berpengaruh terhadap kenaikan kandungan N-total dan kandungan basa-basa (K, Ca, Mg, Na). Pemberian kompos Eceng Gondok secara signifikan berpengaruh terhadap kenaikan pH H2O, P tersedia, C-organik, N-total, KTK dan kandungan basa-basa dan mampu menurunkan kejenuhan Al Ultisol. Peningkatan signifikan nilai pH KCl, N-total, KTK dan kandungan basa-basa dan penurunan kejenuhan Al Ultisol dipengaruhi oleh perlakuan masa inkubasi. Perlakuan terbaik terdapat pada kombinasi pemberian dosis kompos eceng gondok 10 ton/ha dengan lama inkubasi 6 minggu. Kata kunci: Eceng Gondok, inkubasi, kompos, Ultisol.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Ilmu Tanah
Depositing User: s1 ilmu tanah
Date Deposited: 29 Dec 2022 08:40
Last Modified: 29 Dec 2022 08:40
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/121071

Actions (login required)

View Item View Item