STUDI KEANDALAN SISTEM DISTRIBUSI TEGANGAN MENENGAH 20 KV MENGGUNAKAN INDEKS BERORIENTASI PELANGGAN TAHUN 2021 (PT PLN (PERSERO) ULP KURANJI)

Furqan, Anliko Gasdar Ladipa (2022) STUDI KEANDALAN SISTEM DISTRIBUSI TEGANGAN MENENGAH 20 KV MENGGUNAKAN INDEKS BERORIENTASI PELANGGAN TAHUN 2021 (PT PLN (PERSERO) ULP KURANJI). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover + Abstrak.pdf - Published Version

Download (884kB)
[img] Text (Pendahuluan)
BAB I (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (879kB)
[img] Text (Penutup)
BAB V (Kesimpulan).pdf - Published Version

Download (733kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (932kB)
[img] Text (Skripsi full text)
Tugas Akhir Ilmiah Utuh.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pemadaman listrik dapat terjadi akibat pemadaman terencana seperti pemeliharaan dan pemadaman tidak terencana yang disebabkan oleh gangguan. Pemadaman listrik mengakibatkan kerugian terhadap pelanggan maupun penyedia listrik. Pemadaman akan berpengaruh terhadap keandalan suatu sistem tenaga listrik. PLN ULP Kuranji merupakan unit layanan pelanggan yang terletak di kecamatan Kuranji yang berada dibawah naungan Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Padang. Di unit tersebut terdapat 8 buah penyulang dengan total pelanggan sebanyak 75010 pelanggan per Desember 2021. Selama tahun 2021 lalu, banyak pelanggan yang mengeluh akibat gangguan distribusi yang terjadi dan mengakibatkan terjadinya padam listrik. Dalam menghitung keandalan, digunakan besaran parameter yang disebut dengan indeks keandalan. Pada penilitian ini akan dilakukan perhitungan indeks keandalan yaitu System Average Interruption Duration Index (SAIDI) dan System Average Interruption Frequency Index (SAIFI), serta mengelompokkan penyebab gangguan untuk bahan evaluasi bagi PLN ULP Kuranji. Indeks keandalan pada tahun 2021 di PLN ULP Kuranji yaitu SAIDI dengan total nilai 1,723 jam/pelanggan/tahun dan SAIFI dengan total nilai 1,77 kali/pelanggan/tahun. PLN ULP Kuranji memiliki target kinerja yaitu indeks SAIDI = 3,853 jam/pelanggan/tahun dan SAIFI = 3,28 kali/pelanggan/tahun. Berdasarkan nilai dan target kinerja tersebut, PLN ULP Kuranji dapat dikategorikan andal. Kemudian berdasarkan data penyebab padam tahun 2021 paling banyak disebabkan oleh benda asing, diikuti dengan padam yang tidak diketahui penyebabnya, padam yang disebabkan oleh binatang, dan padam yang disebabkan oleh pohon. Beberapa upaya dapat dilakukan untuk mencegah penyebab padam tersebut yaitu pemeliharaan distribusi secara berkala seperti perampalan pohon, petunjuk larangan bermain layangan, dan penggantian kawat penghantar tipe A3C menjadi kabel tipe A3C/S.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Muhammad Nasir Sonni, MT
Uncontrolled Keywords: keandalan, distribusi, SAIDI, SAIFI, padam
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Elektro
Depositing User: S1 Teknik Elektro
Date Deposited: 29 Dec 2022 08:29
Last Modified: 29 Dec 2022 08:29
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/121025

Actions (login required)

View Item View Item