Perancangan Filter Band pass Mikrostrip Menggunakan Metode Parallel Edge Coupled Line Pada Pita Frekuensi S-Band Radar (2.700-2.900 MHz)

Melini, Septi (2022) Perancangan Filter Band pass Mikrostrip Menggunakan Metode Parallel Edge Coupled Line Pada Pita Frekuensi S-Band Radar (2.700-2.900 MHz). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (365kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (340kB)
[img] Text (BAB V KESIMPULAN DAN SARAN)
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version

Download (217kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (333kB)
[img] Text (Skripsi Fulltext)
SKRIPSI SEPTI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)

Abstract

Tugas Akhir ini bertujuan untuk merancang sebuah filter bandpass mikrostrip pada rentang pita frekuensi 2700-2900 MHz. Untuk meloloskan sinyal pada rentang frekuensi tertentu dibutuhkan filter sebagai penyaringnya. Filter merupakan suatu rangkaian yang dirancang untuk memperlemah atau menghilangkan sinyal yang berada diluar frekuensi dan pada rentang frekuensi tertentu akan melewatkan sinyal yang diinginkan (passband). Selain itu, memilih frekuensi yang dibutuhkan merupakan salah satu fungsi filter, lalu filter meloloskan rentang pada frekuensi tertentu. Perancangan BPF menggunakan metode edge coupled line yang dimana resonatornya disusun secara parallel. Jenis radar yang digunakan yaitu radar S-band. Dimana radar S-band ini memiliki rentang frekuensi dari 2 GHz-4 GHz, yang biasa digunakan untuk telekomunikasi, maritim, cuaca, maupun navigasi. BPF mikrostrip didesain pada pita frekuensi 2700-2900 MHz dengan frekuensi tengah 2,8 GHz dengan bandwith 200 MHz, insertion loss > -3 dB, return loss < -10 dB dan direalisasikan kedalam stuktur mikrostrip. Rancangan BPF ini menggunakan HFSS (High Frequency Structural Simulator) 15.0. Hasil simulasi awal diperoleh nilai return loss sebesar -6,94 dB dengan nilai insertion loss -29,49 dB, setelah di optimasi filter pada lebar serta panjang resonator, ukuran gap, dan ukuran pencatu, lalu didapatkan hasil akhir dari perancangan yang telah memenuhi diantaranya nilai return loss -23,06 dB dengan insertion loss -3,00 dB.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Rudy Fernandez, M.T
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Elektro
Depositing User: S1 Teknik Elektro
Date Deposited: 30 Dec 2022 02:00
Last Modified: 30 Dec 2022 02:00
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/120682

Actions (login required)

View Item View Item