Isolasi Bakteri Tambak Udang (Litopenaeus vannamei Boone) Ulakan, Padang Pariaman dan Kemampuannya Menghambat Vibrio parahaemolyticus Penyebab Vibriosis

Indah, Kurnia Putri (2022) Isolasi Bakteri Tambak Udang (Litopenaeus vannamei Boone) Ulakan, Padang Pariaman dan Kemampuannya Menghambat Vibrio parahaemolyticus Penyebab Vibriosis. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (77kB)
[img] Text (BAB I. PENDAHULUAN)
BAB I. PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (113kB)
[img] Text (BAB V. KESIMPULAN DAN SARAN)
BAB V. KESIMPULAN.pdf - Published Version

Download (48kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (204kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
SKRIPSI Indah Kurnia Putri_1810422037.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Salah satu penyakit yang menjadi masalah dalam lingkungan tambak udang Litopenaeus vannamei adalah Vibriosis. Vibriosis merupakan penyakit pada berbagai spesies udang yang disebabkan oleh bakteri Vibrio parahaemolyticus yang menyebabkan kegagalan dan kerugian usaha budidaya udang. Diperlukan suatu upaya untuk mengatasi permasalahan pada tambak udang dengan mencari isolat bakteri tambak udang yang mampu menghambat pertumbuhan bakteri V. parahaemolyticus penyebab vibriosis. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh dan mengetahui karakter isolat bakteri dari sedimen tambak udang (L. vannamei) yang memiliki kemampuan dalam menghambat V. parahaemolyticus penyebab vibriosis. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan teknik pengambilan sampel secara purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa isolat bakteri dari sedimen tambak udang (L. vannamei) mampu menghambat pertumbuhan V. parahaemolyticus penyebab vibriosis dengan terbentuknya zona hambat. Zona hambat terbesar adalah isolat bakteri BT-7 dengan diameter 13 mm dan zona hambat terkecil adalah isolat bakteri BT-4 dengan diameter zona hambat 6,15 mm. Kesimpulan dari penelitian ini adalah diperoleh 7 isolat bakteri dari sedimen tambak udang memiliki kemampuan dalam menghambat V. parahaemolyticus dengan karakter isolat bakteri meliputi bakteri aerob, bersifat motil, Gram negatif dan Gram positif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Fuji Astuti Febria
Uncontrolled Keywords: Antibakteri, Litopenaeus vannamei, Sedimen, Vibriosis, Vibrio parahaemolytcis
Subjects: Q Science > QR Microbiology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Depositing User: S1 Biologi Biologi
Date Deposited: 28 Dec 2022 07:08
Last Modified: 28 Dec 2022 07:08
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/120528

Actions (login required)

View Item View Item