STRATEGI KOMUNIKASI BADAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT & KELUARGA BERENCANA PADA PELATIHAN TIM PELAKSANA PEMBANGUNAN (TPP) PROGRAM ALOKASI DANA NAGARI (ADN) TINGKAT KABUPATEN PASAMAN BARAT

PUTRI, RISMAWANTI (2014) STRATEGI KOMUNIKASI BADAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT & KELUARGA BERENCANA PADA PELATIHAN TIM PELAKSANA PEMBANGUNAN (TPP) PROGRAM ALOKASI DANA NAGARI (ADN) TINGKAT KABUPATEN PASAMAN BARAT. Masters thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img] Text (Skripsi Full Text)
201504081254th_putri.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Dalam proses komunikasi, BPMKB Kabupaten Pasaman Barat perlu mengenalkan dan mengoperasionalisasikan strategi komunikasi melalui sosialisasi dan pelatihan TPP terkait program ADN ini, baik kepada masyarakat Pasaman Barat itu sendiri, maupun pihak-pihak terkait. Pada setiap jorong yang didanai program ADN, memiliki pendamping atau penanggungjawab program ini yang disebut Tim Pelaksana Pembangunan (TPP). Bagaimana mereka mendiseminasikan program ini kepada masyarakat? Ketika harus berkomunikasi dengan penduduk setempat yang tidak paham mengenai program ini. Maka, strategi komunikasi akan berkesinambungan melalui pembinaan yang terus menerus tanpa henti, sehingga tercapainya kemandirian di Nagari. Hal yang penting dalam melakukan pembinaan adalah dengan menciptakannya suatu program yang bermanfaat demi kepentingan bersama. Karena, kita juga yang merasakannya manfaatnya di lingkungan sendiri. Masyarakat memiliki peran penting dalam kegiatan belanja fisik pemberdayaan masyarakat pada Alokasi Dana Nagari (ADN) ini. Seperti pada contohnya, terbentuknya komunitas positif dari program ADN yang tidak lepas dari pembinaan-pembinaan BPMKB Kabupaten Pasaman Barat. Para partisipan merasa hal ini wajib ditumbuh kembangkan, agar upaya pemberdayaan masyarakat terus berlangsung selamanya.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: Mr Dian Niko Putra
Date Deposited: 18 Jul 2016 03:03
Last Modified: 18 Jul 2016 03:03
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/12038

Actions (login required)

View Item View Item