MODIFIKASI DAN PENGEMBANGAN ALGORITMA FAST CHARGING UNTUK MEMPERBAIKI PERFORMANSI PADA PROSES PENGISIAN BATERAI LITHIUM-ION

Vinoza, Shalsabila (2022) MODIFIKASI DAN PENGEMBANGAN ALGORITMA FAST CHARGING UNTUK MEMPERBAIKI PERFORMANSI PADA PROSES PENGISIAN BATERAI LITHIUM-ION. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text
[1] Cover dan Abstrak.pdf

Download (90kB)
[img] Text (Pendahuluan)
[2] Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (118kB)
[img] Text (Penutup)
[3] Penutup.pdf - Published Version

Download (35kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
[4] Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (120kB)
[img] Text (Full text)
Tugas Akhir Watermark vino.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Tugas akhir ini mengetengahkan modifikasi algoritma fast charging yang dilakukan dengan mengadopsi metode fast charging CCCV dan CTCV dengan tujuan memperoleh algoritma baru guna optimasi waktu dan temperatur pengisian. Algoritma baru yang diperoleh diujikan dengan menggunakan Simulink matlab dengan terlebih dahulu membangun rangkaian model konverter charger dan baterai. Kontroler tegangan dan arus konverter diwujudkan dengan kontroler fuzzy. Pengisian baterai menggunakan algoritma yang telah dimodifikasi dimulai dengan mengisi baterai menggunakan mode pengisian CC (Constant Current). Mode pengisian CC berlangsung hingga temperatur baterai mencapai 30°C. Setelah itu, mode pengisian akan berpindah menjadi CT (Constant Temperature) hingga SOC baterai mencapai nilai tertentu. Setelah nilai SOC tertentu terpenuhi, maka pengisian baterai akan dilanjutkan dengan mode CV (Constant Voltage). Untuk memperoleh hasil pengisian yang paling optimal, maka algoritma modifikasi ini diuji dengan dua jenis percobaan. Percobaan pertama dilakukan dengan memvariasikan nilai SOC untuk perpindahan mode pengisian dari CT ke CV. Dan percobaan yang kedua dilakukan dengan memvariasikan nilai arus referensi awal. Pengujian yang pertama dilakukan untuk memperoleh waktu pengisian tercepat. Dari pengujian yang pertama diperoleh hasil bahwa pengisian tercepat terjadi apabila mode pengisian CT berpindah ke mode CV saat SOC baterai 95% dengan waktu pengisian mencapai 1664,8 sekon. Namun temperatur baterai saat kondisi ini melebihi batas 60°C yaitu 61,93°C. Sehingga dilakukan pengujian kedua dengan memvariasikan nilai arus referensi awal. Tujuan pengujian ini untuk minimalisasi temperatur baterai saat pengisian. Dari pengujian ini diperoleh bahwa arus referensi awal yang paling optimal untuk mencegah temperatur baterai melebihi 60°C adalah 35A dengan temperatur maksimum yang diperoleh adalah 59,61°C. Waktu pengisian baterai dengan arus referensi awal 35A dan perpindahan mode pengisian CT ke mode pengisian CV terjadi saat SOC 95% terjadi selama 1989,8 sekon. Rangkaian dengan metode modifikasi ini memiliki selisih waktu pengisian sebesar 3687,8 sekon dengan metode CTCV dan selisih temperatur maksimum pengisian dengan metode CCCV sebesar 11,38°C. Disimpulkan bahwa rangkaian pengisian baterai menggunakan algoritma modifikasi memiliki dampak perbaikan terhadap waktu dan dapat mengurangi temperatur maksimum baterai saat pengisian. Kata Kunci : fast charging, modifikasi algoritma , CCCV, CTCV, fuzzy

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Muhammad Imran Hamid, Ph.D.
Uncontrolled Keywords: fast charging, modifikasi algoritma , CCCV, CTCV, fuzzy
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Elektro
Depositing User: S1 Teknik Elektro
Date Deposited: 27 Dec 2022 07:28
Last Modified: 27 Dec 2022 07:28
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/120357

Actions (login required)

View Item View Item