Noverdy, Putra (2022) Komodifikasi Musik Populer Di Era Digital (Studi Kasus Terhadap Label Musik Sun Eater). Masters thesis, Universitas Andalas.
Text (Cover dan Abstrak)
COVER ABSTRAK.pdf - Published Version Download (213kB) |
|
Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version Download (316kB) |
|
Text (BAB VI Penutup)
BAB VI Penutup.pdf - Published Version Download (85kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (230kB) |
|
Text (Thesis Full Text)
Thesis Full Text.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Perkembangan teknologi digital telah mengubah struktur bisnis industri musik terutama pada aspek kreasi, reproduksi, distribusi, dan konsumsi. Hadirnya media sosial dan layanan music streaming menambah kompleksitas industri musik itu sendiri, mulai dari persinggungan beragam aktor (label musik, artis/musisi, aplikasi layanan streaming musik, konsumen musik), kepentingan (bisnis dan regulasi negara), hingga kekuasaan (jaringan distribusi), khususnya dalam perspektif ekonomi politik komunikasi. Maka menjadi penting untuk mengurai kompleksitas industri musik di era digital tersebut dari sudut pandang aktor utama dalam aspek reproduksi dan distribusi, yaitu label musik. Dalam konteks penelitian ini, yang menjadi objek penelitian adalah label musik independen Sun Eater. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus intrinsik. Sejalan dengan itu teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara mendalam dan studi dokumentasi. Label musik independen yang lahir sebagai bentuk perlawanan terhadap arus utama industri musik (major label), harus beradaptasi dengan perubahan industri musik di era digital. Inilah yang menjadi pintu masuk untuk menganalisis Sun Eater dari perspektif ekonomi politik komunikasi. Lebih lanjut analisis terhadap label musik Sun Eater dilandaskan pada konsep komodifikasi, yaitu: komodifikasi konten, komodifikasi audiens, dan komodifikasi pekerja. Hasil penelitian ini menunjukkan, komodifikasi konten yang dilakukan oleh Sun Eater sebagai label musik bukan dititik beratkan pada musik itu sendiri. Tetapi membungkus isu-isu anak muda hari ini dan membuatnya sejalan dengan lirik, gambar, dan video. Pada komodifikasi audiens, Sun Eater tidak meletakkan audiens sebagai fans musik semata. Namun dengan pendekatan consumer-centric approach dan data driven yang dijalankan, Sun Eater mengolah audiens mereka (fans musik) layaknya media massa, yaitu dengan “menjual” kembali pada pengiklan dalam beragam platform digital. Terakhir, Komodifikasi Pekerja, bahwa musisi bukan hanya pekerja musik. Lebih dari itu, Sun Eater meletakkan musisi sebagai pekerja yang memiliki tanggung jawab lain, mulai dari syuting konten digital, interaksi dengan penggemar di media sosial, hingga sesi pemotretan dengan pengiklan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Primary Supervisor: | Dr. Emeraldy Chatra., M.Ikom |
Uncontrolled Keywords: | Komodifikasi, Industri Musik, Musik Populer, Label Musik |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Pascasarjana (S2) |
Depositing User: | s2 ilmu komunikasi |
Date Deposited: | 30 Dec 2022 08:03 |
Last Modified: | 30 Dec 2022 08:03 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/119901 |
Actions (login required)
View Item |