HUBUNGAN UMUR KEHAMILAN DENGAN STATUS KESEHATAN GINGIVA PADA IBU HAMIL DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS ANDALAS KECAMATAN PADANG TIMUR

KINANTI, FAUZIN HUNDRA (2015) HUBUNGAN UMUR KEHAMILAN DENGAN STATUS KESEHATAN GINGIVA PADA IBU HAMIL DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS ANDALAS KECAMATAN PADANG TIMUR. Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img] Text (SKRIPSI FULLTEXT)
201504241527th_skripsi kinanti fkg 2011 .pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (746kB)

Abstract

Gingivitis adalah suatu peradangan jaringan lunak pada rongga mulut yang menyerang gingiva bebas. Penyebab gingivitis dapat digolongkan menjadi dua yaitu plak dan bukan plak. Ibu hamil mengalami berbagai perubahan secara fisiologis seiring dengan bertambahnya umur kehamilan, salah satunya adalah peningkatan kadar hormon estrogen dan progesteron. Hal ini akan menyebabkan gingiva merespon zat iritan seperti plak dengan cara berlebihan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan umur kehamilan dengan status kesehatan gingiva pada ibu hamil. Jenis penelitian yang digunakan adalah analytic correlation dengan menggunakan pendekatan cross sectional. Penelitian dilakukan dengan melihat umur kehamilan lewat buku KIA dan melakukan pemeriksaan pada gingiva ibu hamil dengan Indeks Gingiva Loe dan Silness. Penelitian dilakukan di Puskesmas Andalas Kecamatan Padang Timur dari tanggal 16 Februari 2015 sampai 26 Februari 2015. Kategori yang paling banyak ditemukan adalah gingivitis ringan, dan tidak ditemukan ibu hamil dengan gingiva sehat atau gingivitis parah Hasil penelitian didapatkan bahwa secara statistic tidak ada hubungan yang signifikan antara umur kehamilan dengan status kesehatan gingiva pada ibu hamil (p>0,005).. Kata Kunci : Gingivitis, gingiva, ibu hamil, hormon, usia kehamilan, indeks gingiva.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > RK Dentistry
Divisions: Fakultas Kedokteran Gigi
Depositing User: Yth Vebi Dwi Putra
Date Deposited: 29 Jun 2016 08:48
Last Modified: 29 Jun 2016 08:48
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/11855

Actions (login required)

View Item View Item