PERBANDINGAN KUALITAS DAGING BABI PELIHARAAN (LANDRACE) DENGAN BABI HUTAN( CELENG ) DITINJAU DARI PROTEIN, KADAR LEMAK DAN PH DAGING YANG DIKONSUMSI DI KOTA PADANG

EM, ARDIANSYAH (2011) PERBANDINGAN KUALITAS DAGING BABI PELIHARAAN (LANDRACE) DENGAN BABI HUTAN( CELENG ) DITINJAU DARI PROTEIN, KADAR LEMAK DAN PH DAGING YANG DIKONSUMSI DI KOTA PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Universitas Andalas)
201412012222st_skripsi em ttd.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat perbandingan kualitas daging babi landrace dengan babi hutan (celeng) ditinjau dari protein, kadar lemak dan Ph daging yang dikonsumsi di kota padang. Kegunaan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan antara kualitas daging yang berada di dalam daging babi peliharaan dan babi hutan yang dapat dijadikan acuan dalam memilih daging berdasarkan nilai gizi yang dikandungnya. Materi penelitian adalah daging babi peliharaan sebanyak 100 gram dengan 5 kali ulangan dan daging babi hutan sebanyak 100 gram dengan 5 kali ulangan. Metode yang digunakan adalah metode analisis dimana pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling. Peubah yang diamati adalah protein daging babi, kadar lemak daging babi, dan Ph daging babi. Data dianalisis secara ditabulasikan, kemudian dilanjutkan dengan uji t (T-Test). Hasil dari pengujian analisis Daging babi peliharaan berdasarkan Kadar Protein yaitu 9.84 , Kadar Lemak 31.13, dan Ph Daging 6.04. Sedangkan Babi Hutan memiliki Kadar Protein 10.49, Kadar Lemak 30.03, dan Ph Daging 5.95. Dari hasil perbandingan dinyatakan bahwa kualitas antara daging Babi peliharaan dengan Babi hutan dilihat dari Protein, Kadar Lemak, dan Ph daging menunjukkan kualitas yg hampir sama. Kata kunci : Kadar Protein, Kadar Lemak, Ph Daging, antara Daging babi Peliharaan, Daging babi Hutan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: Mr Iswadi S Nupin
Date Deposited: 29 Jun 2016 04:16
Last Modified: 29 Jun 2016 04:16
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/11819

Actions (login required)

View Item View Item