Intensive Care Unit Ramah Keluarga Berorientasi Kualitas Pelayanan dengan Model EMIL(Enjoy, Mutu, Informatif dan Layanan Spiritual): Studi di RSUP Dr. M. Djamil Padang

Taslim, Emilzon (2022) Intensive Care Unit Ramah Keluarga Berorientasi Kualitas Pelayanan dengan Model EMIL(Enjoy, Mutu, Informatif dan Layanan Spiritual): Studi di RSUP Dr. M. Djamil Padang. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Abstrak)
1. Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (588kB)
[img] Text (BAB 1 (Pendahuluan))
2. BAB I (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (125kB)
[img] Text (BAB Akhir (Kesimpulan))
3. BAB Akhir (Kesimpulan).pdf - Published Version

Download (54kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
4. Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (206kB)
[img] Text (Tugas Akhir Utuh (Full Text))
5. Disertasi dr. EMILZON TASLIM.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Pendahuluan: Intensive Care Unit (ICU) adalah area kegiatan medis untuk merawat dan menanggulangi kondisi yang mengancam jiwa pasien dan kritis. Indonesia memiliki model ICU terstandar yaitu ICU primer, sekunder dan tersier. Ketiga model ICU ini memiliki kelemahan, dimana keluarga terbatas kontak dengan pasien sehingga tidak terbina komunikasi “psikis” antara keluarga dengan pasien dan keluhan ketidakpuasaan keluarga terhadap pelayanan masih ditemukan. Metode: Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh model ICU ramah keluarga berbasis kultural kompeten terhadap kepuasan pelayanan ICU. Penelitian dilakukan bulan April-Desember tahun 2021 di RSUP Dr. M. Djamil Padang. Rancangan penelitian menggunakan mix metode (kuantitatif dan kualitatif) serta metode ADDIE. Sampel penelitian kuantitatif 72 orang dan responden kualitatif dengan wawancara mendalam 9 orang. Analisis menggunakan cross sectional. Hasil: Hasil penelitian terdapat keluarga yang merasa belum puas terhadap pelayanan di ICU dan ditemukan variabel yang mempengaruhinya yaitu rasa nyaman, informasi dan layanan spiritual dan kualitas pelayanan. Peneliti menuangkan dalam model EMIL (Enjoy, Mutu, Informasi, dan Layanan spiritual). Hasil penelitian kuantitatif menunjukkan terdapat hubungan antara kualitas pelayanan dengan kepuasan terhadap rasa nyaman, informasi dan layanan spiritual. Diskusi: Model ICU ramah keluarga berbasis kultural kompeten tidak mempengaruhi/ memperburuk SOFA skor pasien dan kondisi pasien, dimana SOFA sebelum keluarga dimasukkan sama dengan SOFA setelah keluarga dimasukkan ke dalam ICU, bahkan dengan memasukkan keluarga ke dalam ICU lebih meningkatkan kepuasan keluarga pasien yang berdampak meningkatnya kualitas pelayanan di ICU secara komprehensif, sehingga model EMIL layak diterapkan pada rumah sakit. Kata kunci: ICU, kepuasan, kualitas pelayanan, model EMIL

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Eng. Muhammad Ilhamdi Rusydi
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
R Medicine > RZ Other systems of medicine
Divisions: Pascasarjana (S3)
Depositing User: S3 Kesehatan masyarakat FK UNAND
Date Deposited: 07 Dec 2022 07:10
Last Modified: 07 Dec 2022 07:10
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/117688

Actions (login required)

View Item View Item