Dilla, Syamola (2016) PERBEDAAN PENINGKATAN PENGETAHUAN DAN RETENSI INGATAN EDUKASI KESEHATAN MENGENAI PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT ANTARA BUKU INTERAKTIF DAN FLIP CHART PADA SISWA SD N 29 DADOK TUNGGUL HITAM KECAMATAN KOTO TANGAH KOTA PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.
|
Text (Abstrak)
Dilla Syamola Abstrak B.Indonesia.pdf - Published Version Download (77kB) | Preview |
|
|
Text
Dilla Syamola PENDAHULUAN.pdf Download (138kB) | Preview |
|
|
Text
Dilla Syamola BAB Akhir.pdf Download (62kB) | Preview |
|
|
Text
dilla syamola DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (64kB) | Preview |
|
Text (skripsi full text)
DILLA SYAMOLA 1210333005.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Tujuan Penelitian Perkembangan kognitif merupakan salah satu aspek yang perlu diperhatikan untuk menentukan media yang cocok digunakan dalam membantu proses belajar agar tercapainya tujuan belajar atau tujuan pendidikan. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui perbedaan peningkatan pengetahuan dan retensi ingatan edukasi kesehatan mengenai Perilaku Hidup Bersih dan Sehat antara buku interaktif dan flip chart pada siswa SD N 29 Dadok Tunggul Hitam Kecamatan Koto Tangah Kota Padang. Metode Penelitian ini menggunakan desain penelitian kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di SD N 29 Dadok Tunggul Hitam Kecamatan Koto Tangah Kota Padang dari bulan Oktober 2015 – April 2016 dengan sampel sebanyak 78 orang. Cara pengambilan sampel dilakukan dengan metode proporsional random sampling. Analisis data secara univariat dan bivariat. Hasil Hasil penelitian dari 78 responden diketahui bahwa hasil uji statistik menunjukkan terjadinya peningkatan pengetahuan yang signifikan (p<0,05) dari nilai sebelum dan sesudah diberikan edukasi kesehatan dengan media buku interaktif dan flip chart. Sedangkan pada retensi ingatan pada 20 menit, 1 hari, 7 hari dan 14 hari setelah edukasi kesehatan menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan (p<0,05) retensi ingatan menggunakan buku interaktif dan flip chart. Kesimpulan Terdapat hubungan yang bermakna terhadap pengetahuan dan retensi ingatan pada siswa kelas IV dan V SD N 29 Dadok Tunggul Hitam Kecamatan Koto Tangah Kota Padang. Untuk menciptakan proses belajar dan promosi kesehatan yang baik, dapat menggunakan media edukasi kesehatan seperti buku interaktif dan flip chart. Daftar Pustaka : 29 (1992-2015) Kata Kunci : buku interaktif, flip chart, peningkatan pengetahuan dan retensi ingatan
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Kesehatan Masyarakat |
Depositing User: | s1 kesehatan masyarakat |
Date Deposited: | 28 Jun 2016 02:03 |
Last Modified: | 28 Jun 2016 02:03 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/11724 |
Actions (login required)
View Item |