PERBEDAAN PENINGKATAN PENGETAHUAN DAN RETENSI INGATAN EDUKASI KESEHATAN MENGENAI PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT ANTARA BUKU INTERAKTIF DAN FLIP CHART PADA SISWA SD N 29 DADOK TUNGGUL HITAM KECAMATAN KOTO TANGAH KOTA PADANG

Dilla, Syamola (2016) PERBEDAAN PENINGKATAN PENGETAHUAN DAN RETENSI INGATAN EDUKASI KESEHATAN MENGENAI PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT ANTARA BUKU INTERAKTIF DAN FLIP CHART PADA SISWA SD N 29 DADOK TUNGGUL HITAM KECAMATAN KOTO TANGAH KOTA PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
Dilla Syamola Abstrak B.Indonesia.pdf - Published Version

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Dilla Syamola PENDAHULUAN.pdf

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Dilla Syamola BAB Akhir.pdf

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
dilla syamola DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (64kB) | Preview
[img] Text (skripsi full text)
DILLA SYAMOLA 1210333005.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan Penelitian Perkembangan kognitif merupakan salah satu aspek yang perlu diperhatikan untuk menentukan media yang cocok digunakan dalam membantu proses belajar agar tercapainya tujuan belajar atau tujuan pendidikan. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui perbedaan peningkatan pengetahuan dan retensi ingatan edukasi kesehatan mengenai Perilaku Hidup Bersih dan Sehat antara buku interaktif dan flip chart pada siswa SD N 29 Dadok Tunggul Hitam Kecamatan Koto Tangah Kota Padang. Metode Penelitian ini menggunakan desain penelitian kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di SD N 29 Dadok Tunggul Hitam Kecamatan Koto Tangah Kota Padang dari bulan Oktober 2015 – April 2016 dengan sampel sebanyak 78 orang. Cara pengambilan sampel dilakukan dengan metode proporsional random sampling. Analisis data secara univariat dan bivariat. Hasil Hasil penelitian dari 78 responden diketahui bahwa hasil uji statistik menunjukkan terjadinya peningkatan pengetahuan yang signifikan (p<0,05) dari nilai sebelum dan sesudah diberikan edukasi kesehatan dengan media buku interaktif dan flip chart. Sedangkan pada retensi ingatan pada 20 menit, 1 hari, 7 hari dan 14 hari setelah edukasi kesehatan menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan (p<0,05) retensi ingatan menggunakan buku interaktif dan flip chart. Kesimpulan Terdapat hubungan yang bermakna terhadap pengetahuan dan retensi ingatan pada siswa kelas IV dan V SD N 29 Dadok Tunggul Hitam Kecamatan Koto Tangah Kota Padang. Untuk menciptakan proses belajar dan promosi kesehatan yang baik, dapat menggunakan media edukasi kesehatan seperti buku interaktif dan flip chart. Daftar Pustaka : 29 (1992-2015) Kata Kunci : buku interaktif, flip chart, peningkatan pengetahuan dan retensi ingatan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat
Depositing User: s1 kesehatan masyarakat
Date Deposited: 28 Jun 2016 02:03
Last Modified: 28 Jun 2016 02:03
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/11724

Actions (login required)

View Item View Item