Rancangan Perbaikan Kualitas Pelayanan Kesehatan Rumah Sakit Umum Aisyiyah Padang

Paramadina, Almira (2022) Rancangan Perbaikan Kualitas Pelayanan Kesehatan Rumah Sakit Umum Aisyiyah Padang. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (720kB)
[img] Text (Bab 1 (Pendahuluan))
Bab 1 (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (468kB)
[img] Text (Bab 6 (Kesimpulan & Saran))
BAB 6 (Kesimpulan & Saran).pdf - Published Version

Download (361kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (576kB)
[img] Text (Tugas Akhir utuh)
Tugas Akhir utuh.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Kualitas pelayanan kesehatan Rumah Sakit Umum Aisyiyah Padang selama lima tahun terakhir seperti Bed Occupancy Rate (BOR) atau pemanfaatan hunian tempat tidur rumah sakit tidak pernah mencapai standar Depkes RI (2005) yaitu 60% - 85%, hal ini menunjukkan fasilitas rawat inap tidak optimal. Citra yang tidak baik selama ini disebabkan karena kualitas pelayanan rumah sakit menurun baik dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, dengan demikian perlu ditinjau dan diteliti bagaimana kualitas pelayanan kesehatan rumah sakit berdasarkan penilaian dan harapan pasien guna meningkatkan produktivitas rumah sakit. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis kualitas pelayanan Rumah Sakit Umum Aisyiyah Padang untuk mengetahui apa yang sebenarnya yang diharapkan oleh pasien dan mendapatkan rancangan perbaikan yang berkualitas sehingga Rumah Sakit Umum Aisyiyah Padang memberikan pelayanan lebih baik. Perhitungan dengan menggunakan deskriptif korelasi dengan rancangan teknik pengumpulan data dan menggunakan kuesioner. Sampel dari penelitian ini adalah pasien yang berjumlah 96 pasien. Hasil dari penelitian dan harapan pasien terhadap dimensi kualitas pelayanan kesehatan Rumah Sakit Umum Aisyiyah Padang baik dari segi input (sarana, fisik, peralatan medis) maupun segi proses yaitu Servqual (tangibles, reliability, responsiveness, assurance, emphaty) yang merupakan faktor dominan kunjungan pasien ke rumah sakit. Untuk meningkatkan pencapaian BOR dan citra tidak baik mengenai kualitas pelayanan maka upaya perbaikan kualitas pelayanan kesehatan Rumah Sakit Umum Aisyiyah Padang perlu dilakukan dengan cara meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan dari segi fasilitas medis dan non medis, komunikasi tenaga medis serta pelayanan administrasi rumah sakit.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Eng. Lusi Susanti
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Teknik > Industri
Depositing User: S1 Teknik Industri
Date Deposited: 28 Oct 2022 05:00
Last Modified: 28 Oct 2022 05:00
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/116933

Actions (login required)

View Item View Item